Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan daya jangkau sosialisasi Empat Pilar MPR masih belum masif dibandingkan penataran P4 pada masa Orde Baru. MPR pun berupaya memperluas jangkauan sosialisasinya.

Mahyudin mengatakan, jika dihitung, setiap anggota MPR (DPR dan DPD) wajib melakukan sosialisasi lima kali setahun dengan peserta sekitar 100 orang. Dengan jumlah anggota MPR 692 orang, maka hanya bisa menjangkau sekitar lima juta orang dalam lima tahun.

"Ini masih kalah dibandingkan penataran P4 yang masif pada masa Orde Baru," katanya dalam sosialisasi Empat Pilar di Tanah Grogot, Kalimantan Timur, seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Jumat.

Oleh karena itu, kata Mahyudin, MPR memperluas jangkauan sosialisasi Empat Pilar antara lain secara terbuka yang dihadiri ratusan peserta, bekerjasama dengan Panglima TNI, gubernur dan bupati. Juga melakukan berbagai metode lain seperti lomba cerdas cermat Empat Pilar tingkat SLTA.

"MPR hanya melakukan pemantapan pemahaman terhadap Empat Pilar. Sosialisasi kepada anggota pramuka ini untuk memantapkan dan memperdalam Empat Pilar. Sebab anggota pramuka sesungguhnya sudah memahami Empat Pilar," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016