Samarinda (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dijadwalkan akan membuka Rembug Nasional Kelompok KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (23/9).

Ketua Umum Kelompok KTNA Nasional Winarno Tohir, di Samarinda, Kamis menyatakan, pembukaan rembuk KTNA tersebut akan dilaksanakan di Planery Hall Convention Hall Samarinda (CHS).

"Rembuk Nasional KTNA 2016, dipastikan akan dibuka Menteri BUMN Rini Soemarno di Planery Hall Convention Hall Samarinda (CHS) Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda besok (Jumat)," ujar Winarno Tohir.

Kegiatan nasional para pelaku utama sektor pertanian tersebut kata Winarno Tohir, akan dihadiri ketua kelompok KTNA nasional dan provinsi, sebagai peserta utama serta peserta swadaya atau ketua kelompok KTNA kabupaten/kota) sebanyak 250 orang.

Ia menyatakan, pembukaan rembug nasional KTNA itu akan dirangkai peluncuran buku berjudul Dari Penas ke Penas dan 45 Tahun KTNA serta peringatan HUT Kelompok KTNA dan Expo KTNA 2016.

"Rembug ini dihadiri seluruh Ketua Kelompok KTNA provinsi se-Indonesia dan nasional maupun kabupaten dan kota sebagai peserta swadaya," tutur Winarno Tohir.

Rembug nasional KTNA lanjut Winarno Tohir, merupakan agenda rutin tahunan kelompok KTNA untuk membahas isu-isu terkini terkait masalah yang dihadapi pelaku utama di lapangan.

Selain itu tambahnya, kegiatan prioritas yang harus dilakukan dalam upaya mewujudkan target-target pembangunan dan pengembangan pertanian di Indonesia.

"Utamanya, upaya bersama dalam mewujudkan swasembada pangan nasional yang harus didukung seluruh pemangku kepentingan di daerah termasuk kelompok KTNA," jelas Winarno Tohir

Selain peserta utama dan peserta swadaya lanjutnya, juga hadir pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) serta mantan Menteri Pertanian diantaranya, Syarifuddin Baharsyah dan Bungaran Saragih.

Hadir pula kata ia, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti serta pimpinan lembaga perbankan milik BUMN dan jajaran pejabat pada kementerian terkait dan para kepala daerah.

Rembug nasional digelar sejak 23-26 September 2016 mengambil tema Memantapkan Stabilitas Pangan Nasional.

Sementara Expo KTNA 2016 diikuti kelompok KTNA dan dinas/instansi terkait dari seluruh provinsi di Indonesia

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016