Kami akan terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun di dunia sesuai hukum internasional
Washington (ANTARA News) - Sebuah destroyer Angkatan Laut Amerika Serikat berlayar dalam jarak 12 mil laut dari kepulauan buatan milik Tiongkok yang dibangun di Laut Tiongkok Selatan.

USS Lassen berlayar di perairan yang mengelilingi paling tidak sebuah pulau buatan yang diklaim Tiongkok di Kepulauan Spratly yang dipersengketakan banyak negara, Selasa waktu setempat, kata pejabat departemen pertahanan AS kepada AFP.

"Kami tengah menggelar operasi rutin di Laut Tiongkok Selatan sesuai dengan hukum internasional," sambung sang pejabat. "Pasukan AS beroperasi di kawasan Asia Pasifik dalam basis harian, termasuk di Laut Tiongkok Selatan."

Si pejabat menegaskan bahwa operasi ini berbeda dari masalah kedaulatan menyangkut kepulauan-kepulauan itu.

Beijing menandaskan berdaulat di hampir seluruh Laut Tiongkok Selatan, bahkan perairan-perairan dekat pantai beberapa negara.

"Kami jelas tidak adalam posisi bersaing dalam klaim kedaulatan teritorial terhadap daratan di Laut Tiongkok Selatan," kata pejabat AS tadi. "Kami akan terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun di dunia sesuai hukum internasional."

Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam, serta Taiwan, juga mengklaim berdaulat di kepulauan di Laut Tiongkok Selatan itu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015