Palu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyiapkan 37 pemandu untuk mendampingi Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 2013 Koridor Sulawesi.

Tim itu akan bekerja selama empat bulan. Bupati Sigi Aswadin Randalembah di Sigi, Sabtu, mengatakan pemandu tersebut bertugas untuk memudahkan tim ekspedisi dalam melakukan berbagai kegiatan.

Menurutnya, kondisi Kabupaten Sigi yang berbukit-bukit bisa menyulitkan tim ekspedisi saat menjelajahi medan.

"Kita hanya membantu, layaknya pemandu wisata," katanya.

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi akan melakukan penjelajahan di sembilan dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi.

Selain di Kabupaten Sigi, Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi juga melakukan kegiatan serupa di Kabupaten Banggai.

Di Pulau Sulawesi sendiri terdapat sembilan kabupaten yang menjadi lokasi ekspedisi, yakni Sigi, Banggai, Mamuju, Tana Toraja, Gowa, Kolaka, Talaud, Minahasa, dan Gorontalo.

Tim ekspedisi yang berjumlah 55 orang yang terdiri anggota TNI, Polri, masyarakat, mahasiswa dan wartawan itu tiba di Bandara Palu pada Jumat (8/3).

Pemimpin tim ekspedisi Kolonel Infanteri Saleh Mustafa mengatakan tim tersebut akan melakukan penjelajahan, penelitian, komunikasi sosial dan berbagai kegiatan lainnya di masyarakat.

Tujuan kegiatan itu, mendata dan meneliti segala potensi kekayaan alam di hutan, gunung dan pegunungan, serta pulau terdepan.
(ANT)

Pewarta: Riski Maruto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013