Industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah kepentingan seluruh pihak,
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan konglomerasi besar Sinar Mas menyatakan dukungannya terhadap Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menjadi kampus hijau melalui peresmian Taman Plaza Inovasi IPB.

“Kami mengharapkan kehadiran taman ini dapat membantu niatan IPB mewujudkan kampus hijau," kata Managing Director Sinar Mas Saleh Husin di Jakarta, Rabu.

"Menjadikannya sebuah ekosistem yang menginspirasi civitas akademika Institut Pertanian Bogor guna memunculkan terobosan baru di ranah sosial, perekonomian, utamanya pangan, pertanian serta kehutanan yang memberdayakan, juga menyejahterakan masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan, sekaligus menjaga kearifan lokal,” imbuhnya.

Taman seluas 11 hektare tersebut merupakan bagian dari pengembangan kampus hijau oleh IPB yang telah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Pembangunan taman itu bertujuan mewadahi pembentukan perilaku berwawasan lingkungan dari seluruh civitas akademika di dalam lingkungan zero waste, zero emission, rich in bio-and cultural-diversity.

Melalui anak usahanya Sinar Mas, PT Berau Coal yang bergerak dalam bisnis batu bara menggelontorkan donasi senilai Rp4,2 miliar melalui program tanggung jawab sosial untuk pembangunan Taman Plaza Inovasi IPB tersebut.

“Industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah kepentingan seluruh pihak, termasuk pula kami yang bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam. Dukungan pembangunan taman kampus di IPB adalah salah satu bentuknya,” kata Direktur Berau Coal Sandy Indrawan.

Taman Plaza Inovasi IPB mengusung konsep bentang ekologis dengan tema modern tropis. Keputusan pilihan ragam tanaman hingga penggunaan material pembangunan menyesuaikan dengan iklim tropis.

Sebelumnya, dukungan mewujudkan kampus hijau telah diwujudkan Sinar Mas lewat penyerahan lima unit bis berbahan bakar gas guna memperkuat fasilitas transportasi ramah lingkungan pada tahun 2017.

Ketika itu juga diserahkan tujuh unit verification gate system, yakni perangkat gerbang otomatis berisikan data kendaraan bermotor seluruh civitas akademika yang telah terdaftar, untuk membatasi pemakaian kendaraan pribadi di lingkungan kampus IPB Dramaga.

Baca juga: IPB bersama Biolife luncurkan obat asam urat
Baca juga: IPB-Indohun kerja sama penguatan kesehatan global melalui agromaritim

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023