Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring mengapresiasi bantuan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang bagi pengungsi yang ingin kembali ke kampung halamannya di Kiwirok.
 
"Kami mengapresiasi bantuan Pemda Pegubin kepada warga yang kembali ke Kiwirok dengan memberikan bantuan selama enam bulan," kata Sembiring di Jayapura, Provinsi Papua, Kamis.
 
Dia mengatakan, saat ini masyarakat sudah ada yang kembali ke Kiwirok dengan berjalan kaki. Mereka itulah yang akan membantu mempersiapkan pemulangan keluarganya.
 
Dari laporan yang diterima baru 20 warga yang mengungsi ke Oksibil kembali dengan berjalan kaki mulai Selasa (29/11) dan kini sudah berada di Kiwirok.
 
“Kita patut bersyukur masyarakat tiba dengan selamat, aman dan lancar sesuai dengan harapan kita semua dan untuk sementara akan tinggal di perumahan guru yang sudah disiapkan anggota TNI-Polri menunggu rumah mereka selesai diperbaiki," kata Sembiring.

Baca juga: 557 Pengungsi kembali ke kampungnya di Kiwirok
 
Bupati Pegunungan Bintang, Yan Spei Bidana bersama Forkopimda ke Kiwirok pada Rabu (30/11) untuk melihat warga yang sudah tiba terlebih dahulu.
 
"Terima kasih kepada TNI-Polri yang yang sudah menjaga Distrik Kiwirok selama ini,” ujar Spei Bidana.
 
Dia akan menyampaikan kepada Presiden RI agar dapat membantu membangun kembali Distrik Kiwirok dari semua aspek fasilitas pelayanan seperti pendidikan dan kesehatan maupun kantor pemerintahan serta rumah masyarakat.
 
“APBD kami terbatas untuk membangun wilayah ini sehingga memerlukan bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi,” kata Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin).

Akibat penyerangan yang terjadi pada 13 September 2021, seorang tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Kiwirok meninggal.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022