Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengirimkan relawan kesehatan untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa barat.

Penjabat Sekda Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengemukakan pengiriman relawan kesehatan ini merupakan misi kemanusiaan yang dilakukan, setelah sebelumnya Pemkab juga mengirimkan dua truk bantuan logistik.

"Kami memberangkatkan relawan dari keluarga besar kesehatan, setelah sebelumnya bantuan logistik," kata Adi di Kediri, Rabu.

Relawan kesehatan yang dikirimkan itu terdiri dari enam dokter, dua bidan, 11 perawat dan dua orang tenaga pendukung.

Baca juga: Warga terdampak gempa Cianjur dirikan "tenda sakinah"

Baca juga: Bupati Cianjur tunggu BMKG untuk daerah bebas hunian usai gempa


Untuk mendukung aksi kemanusiaan tersebut, para relawan kesehatan yang diberangkatkan itu juga sudah dibekali berbagai macam obat. Rombongan juga membawa dua mobil ambulans dari RS Simpang Lima Gumul dan RS Kabupaten Kediri (RSKK) Kabupaten Kediri, serta tiga unit mobil penunjang.

"Nanti begitu sampai ke Cianjur akan langsung menuju posko baru kemudian terjun ke lapangan," kata dia.

Adi juga menambahkan, misi kemanusiaan tersebut diharapkan dapat membantu para korban terdampak gempa bumi di Cianjur. Petugas medis dari Kabupaten Kediri nantinya akan bergabung dengan petugas paramedis yang terlebih dahulu berada di lokasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Ahmad Khotib mengatakan relawan dari tenaga kesehatan yang dikirim tersebut akan membantu dalam perawatan korban luka termasuk melakukan trauma healing untuk recovery mental pascagempa.

"Dua mobil ambulans yang diberangkatkan itu dengan fasilitas yang lengkap, untuk operasi kecil (di lapangan) pun siap," kata dia.

Ia juga menambahkan, relawan yang diberangkatkan tersebut akan melakukan misi kemanusiaan hingga akhir pekan nanti.

Pengiriman relawan kesehatan itu juga akan terus dilakukan evaluasi, sambil menunggu perkembangan kondisi di lapangan. Hasil evaluasi untuk memutuskan apakah nantinya akan diberangkatkan tim kesehatan tahap kedua.

Dirinya juga memastikan petugas kesehatan juga siap ditugaskan ke lokasi mengemban misi kemanusiaan membantu warga yang menjadi korban bencana gempa bumi itu.

"Semua organisasi profesi kesehatan siap bersatu padu untuk mendukung visi kemanusiaan kita, mereka siap diberangkatkan untuk periode berikutnya bila dibutuhkan," kata Ahmad.

Sementara itu, organisasi kesehatan di Kabupaten Kediri juga telah mengumpulkan donasi untuk membantu penanganan bencana di Cianjur, Jawa Barat tersebut. Hingga kini telah berhasil terkumpul donasi sebanyak Rp90 juta, yang juga diwujudkan dalam bentuk bahan pokok. Bantuan dikirimkan ke lokasi bencana.*

Baca juga: Kadin DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur

Baca juga: BMKG minta warga Cianjur atur kondisi rumah untuk antisipasi getaran

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022