Jakarta (ANTARA) - Ketua Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) Prof Adiwijaya menyebut aktivitas sosial yang dimiliki oleh pelamar turut mempengaruhi penilaian pada seleksi Beasiswa APERTI BUMN 2022.

“Selain nilai akademik semasa SMA, juga kepercayaan diri pelamar beasiswa turut mempengaruhi. Akan tetapi tidak percaya diri berlebihan, kita tunjukkan kita memiliki motivasi yang kuat, memiliki kecerdasan emosional yang bagus, serta mengungkap prestasi dan aktivitas kemasyarakatan yang dilakukannya,” ujar Prof Adiwijaya di Jakarta, Kamis.

Dia meminta agar pelamar Beasiswa APERTI BUMN 2022 untuk mengungkapkan aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan sewaktu sekolah.

“Karena sebanyak-banyak manfaat, kita akan memperoleh manfaat yang jauh lebih besar,” imbuh Rektor Telkom University itu.

APERTI BUMN merupakan gabungan delapan perguruan tinggi yang berafiliasi dengan BUMN . Delapan perguruan tinggi tersebut yakni Telkom University, Universitas Pertamina,

Institut Teknologi PLN (IT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya). Berikutnya Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITT Jakarta) dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Beasiswa APERTI BUMN merupakan beasiswa penuh yang diberikan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi. Pendaftaran beasiswa tersebut dibuka mulai 11 Juni 2022 dan ditutup pada 1 Juli 2022.

Untuk tahapan seleksi terdiri dari dua tahapan yakni administrasi dan wawancara. Beasiswa tersebut diberikan hingga penerima beasiswa lulus kuliah.

Meski dibiayai sampai lulus kuliah, penerima beasiswa tidak diwajibkan untuk bekerja di BUMN yang berafiliasi dengan kampus itu.

“ Biasanya teman-teman yang mendapatkan beasiswa APERTI BUMN ini, dari sisi prestasi dituntut lebih baik dan juga berorganisasi. Mereka dikawal untuk memiliki karakter baik dan menjadi pemimpin muda di unit-unit mahasiswa. Hal ini yang membuat mereka lebih percaya diri dibandingkan yang lainnya,” jelas dia lagi.

Dalam kesempatan itu, dia berharap bagi lulusan SMA sederajat yang berminat untuk mendaftar beasiswa APERTI BUMN 2022 untuk segera melakukan pendaftaran karena akan ditutup pada 1 Juli pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Ketua APERTI BUMN dorong mahasiswa segera daftar seleksi beasiswa
Baca juga: Kampus Merdeka Aperti BUMN memungkinkan pembelajaran lintas kampus
Baca juga: APERTI BUMN luncurkan program Kampus Merdeka antarkampus


 

Pewarta: Indriani
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022