Bandarlampung (ANTARA) - Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS) mengatakan tahap pengisian (impounding) Bendungan Margatiga Lampung akan dilaksanakan pada November 2022 mendatang.

"Kalau secara konstruksi Bendungan Margatiga sudah selesai, pengerjaan sudah mencapai sekitar 96 persen dan sisanya hanya pekerjaan kecil terkait beberapa jembatan di area genangan," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS) Lampung Alexander Leda, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, dengan persentase pengerjaan konstruksi yang telah selesai, ditargetkan pelaksanaan tahap pengisian atau impounding akan dilakukan pada November mendatang.

Baca juga: Komisi V DPR RI dukung rencana pembangunan Bendungan Mujur Lombok

"Optimis pada Oktober atau November mendatang Bendungan Margatiga akan di-impounding dan akan beroperasi," katanya.

Menurut dia, pihaknya kini terus berupaya mempercepat pembebasan lahan yang belum terselesaikan.

"Memang ada sedikit kendala di pembebasan lahan tapi ini hanya sedikit tidak semua hanya tersisa 1.000 bidang yang beririsan dengan kawasan hutan. Izin pelepasan kawasan diberikan pada Maret kemarin dan saat ini masih dalam proses penelitian dan penilaian lagi," ucapnya.

Dia menjelaskan, dari total 6.000 bidang tanah telah ada 5.000 bidang yang sudah diproses ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Lalu 3.000 bidang sudah dibayar dan sisanya 2.000 bidang dalam proses pembayaran. Serta 1.000 bidang sisanya dalam proses pembebasan baru kemudian pembayaran," ujar dia.

Ia melanjutkan, diharapkan segala proses tersebut dapat cepat terselesaikan, sehingga proses pengisian air pada bendungan dapat dilakukan cepat sesuai target.

"Semoga semua dapat berjalan dengan baik, dan Bendungan Margatiga dapat beroperasi tahun ini," kata dia lagi.

Baca juga: Menteri PUPR: Hindari tebang pohon jika tidak perlu dalam pembangunan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022