Bandarlampung (ANTARA) - Rohaniawan Lampung Vyria menyampaikan perayaan Hari Waisak dapat dijadikan momentum membangun kebersamaan antar umat beragama dalam upayanya membesarkan bangsa Indonesia.

"Saya menginginkan pada semua pihak, di Hari Waisak ini mari kita dapat bergandengan tangan dalam upaya membangun bangsa yang kita cintai ini," kata Vyria yang juga Pengurus Vihara Thay Hin Bio di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Ketua DPR: Waisak momentum refleksikan pentingnya menjaga kerukunan

Menurutnya pada Waisak ini, khususnya umat Budha harus banyak-banyak melakukan perenungan dan intropeksi diri, serta dapat merefleksikan ajaran yang telah diperjuangkan oleh Guru Agung yakni Pangeran Sidharta.

"Jadi pada Waisak ini mari kita bersatu padu baik itu hati dan nurani agar lebih baik lagi. Kita juga harus bersyukur karena pada kehidupan ini menjadi manusia, hal ini jangan disia-siakan," ujarnya.

Baca juga: Umat Budha sebar kebaikan dan tuai kebajikan saat Waisak

Sementara itu, Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) Lampung Andi Lie pada Waisak yang diperingati setiap tahunnya oleh Umat Budha ini guna memperingati tiga peristiwa penting yakni kelahiran, mencapai kesempurnaan, dan Parinibana.

"Waisak tahun sangat istimewa mengingat bangsa ini sedang menuju endemi COVID-19, namun kami selalu menghimbau agar umat selalu menjaga prokes sesuai petunjuk dan arahan pemerintah," kata dia.

Baca juga: Anies: Waisak tumbuhkan kebersamaan

Dia pun berpesan agar pada bulan Suci Waisak ini semua pihak, khususnya di provinsi ini dapat menjaga kerukunan antar umat beragama untuk Lampung Berjaya dan menuju Indonesia harmoni.

"Kami berharap khususnya umat Buddha dapat lebih memahami dan meneladani Buddha Sidharta pada Waisak kali ini, baik ucapan maupun dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan menghormati sesama," ujarnya.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022