Sukabumi (ANTARA News) - Pihak kepolisian telah mengamankan sebuah mortir aktif yang ditemukan warga di halaman sebuah rumah di Kampung Pajagan Rt 29/11 Desa/Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kapolsek Kalapanunggal, Sukabumi, AKP Daulay mengatakan, Senin, pihaknya sudah mengamankan benda tersebut dan diserahkan kepada pihak Bengkel Lapangan (Benglap) TNI AD Sukabumi, karena yang mengetahui jenis mortir tersebut adalah pihak benglap.

"Diduga mortir itu peninggalan jaman penjajahan Belanda, tetapi kami tidak mengetahui apakah daya ledaknya tinggi atau tidak dan diperkirakan masih aktif, namun untuk keamanan kami serahkan kepada pihak Benglap TNI AD Sukabumi," kata Daulay kepada ANTARA.

Sementara itu warga yang menemukan mortir tersebut, Didin, mengatakan bahwa saat dirinya sedang membuat jalan setapak, tiba-tiba ujung cangkul mengenai benda keras berwarna hitam yang terkubur dalam tanah, setelah digali ternyata besi tersebut merupakan sebuah mortir.

"Awalnya saya kira itu merupakan harta karun, namun setelah saya perlihatkan ke keluarga saya ternyata benda itu adalah mortir yang katanya masih aktif," kata Didin kepada wartawan.

Didin menambahkan, dengan penemuannya tersebut dirinya dan warga lainnya segera melaporkan kepada pihak keamanan setempat dan tidak lama datang petugas dari Polsek Kalapanunggal serta anggota TNI yang langsung mengamankan benda tersebut.

"Saya kaget, jika tidak diberitahu oleh keluarga saya mungkin bisa saja meledak, karena sempat dijadikan mainan oleh saya dan warga lainnya," tambahnya. (ADR/T004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011