Bencoolen Coffee saat ini telah berhasil mengangkat nama Bengkulu, khususnya dalam mengenalkan komoditas kopi Bengkulu, salah satunya berhasil meraih penghargaan bergengsi di Paris, Prancis
Bengkulu Tengah (ANTARA) - Gubernur Bengkulu  Rohidin Mersyah mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) provinsi itu agar lebih dikenal secara nasional bahkan internasional melalui komoditas unggulan yang ada di Provinsi Bengkulu, dengan memanfaatkan era digital.

"Kami mendorong UMKM yang ada di Bengkulu agar mengikuti sistem pengembangan pemasaran produk di era digital," katanya di Bengkulu, Selasa.
 
Ia memberi contoh seperti "Warung Kopi Digital" yang dapat menjadi pemicu untuk bagaimana mengembangkan komoditas di Bengkulu yang pelaku usahanya adalah UMKM.

Gubernur berharap salah satu UMKM Bengkulu, yaitu "Bencoolen Coffee" dapat dikenal baik nasional maupun internasional.
 
"Bencoolen Coffee saat ini telah berhasil mengangkat nama Bengkulu, khususnya dalam mengenalkan komoditas kopi Bengkulu, salah satunya berhasil meraih penghargaan bergengsi di Paris, Prancis beberapa waktu lalu," katanya

Saat ini, katanya, gerai "Bencoolen Coffee" sendiri telah berada hingga ke mancanegara di antaranya Malaysia.
 
"Tidak hanya Kopi, namun komoditas lain yang menjadi andalan Bengkulu juga dapat dikenal baik nasional dan Internasional," katanya.

Di antaranya seperti aren Bengkulu, beras Bengkulu juga hortikultura Bengkulu lainnya yang dapat dikembangkan serta ke depannya tidak bisa lagi konvensional.
 
Oleh karena itu, ia mengajak seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) baik di lingkungan provinsi maupun kabupaten/kota untuk menggerakkan UMKM agar dapat bertransformasi dan bersaing melalui produk unggulannya guna mengikuti kemajuan zaman.
 
Lalu, menggerakkan para pelaku usaha di tingkat wilayah. "Kalau kita bertransformasi mengajak UMKM Bengkulu lebih dikenal maka perekonomian di Provinsi Bengkulu meningkat," demikian  Rohidin Mersyah .

Baca juga: Bencoolen Coffee jaring ribuan calon barista melalui pelatihan virtual

Baca juga: Kehadiran "Warkop Digital" diharapkan dorong UMKM kopi Bengkulu

Baca juga: Bencoolen Coffee gelar pelatihan barista virtual gelombang kelima

Baca juga: Kemenparekraf dorong identifikasi HKI untuk kopi Bengkulu

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021