Kulon Progo (ANTARA) - Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai merangkak naik 21,43 persen seiring turunnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali.

Pelaksana Tugas General Manager PT Angakasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Senin, mengatakan pada Minggu (24/10), pergerakan penumpang dan penerbangan sebanyak 5.168 pax dengan rincian keberangkatan 3.168 pax dan kedatangan 2.573 pax, sedangkan pergerakan penumpang keberangkatan pada Sabtu (23/10) sebanyak 2.609 pax.

"Apabila dibandingkan dengan pergerakan penumpang berangkat pada Minggu (24/10) sebanyak 3.168 pax, maka mengalami kenaikan 559 pax atau 21,43 persen. Kami berharap kondisi pergerakan penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta semakin positif," kata Agus Pandu.

Ia mengatakan data penumpang yang melakukan refund atau reschedule penerbangan karena dokumen kesehatan tidak layak terbang karena tidak melakukan usap PCR untuk maskapai Lion Air sebanyak 28 pax, Sriwijaya nol, Citilink tujuh pax, Garuda tiga pax, dan Batik Air nol.

Baca juga: Jumlah penumpang yang datang di Bandara YIA Kulon Progo naik 58 persen

Persyaratan untuk penerbangan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

Dalam SE terbaru Kemenhub ini, penumpang pesawat dari dan ke wilayah Pulau Jawa-Bali wajib menunjukkan kartu vaksin dengan minimal dosis pertama beserta hasil tes negatif COVID-19 dengan metode PCR yang sampelnya diambil 2x34 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, untuk perjalanan pesawat di luar wilayah Jawa-Bali dengan kategori daerah PPKM level 1 dan 2 diwajibkan menunjukkan hasil tes PCR atau rapid test antigen yang diambil 2x24 jam untuk PCR dan 1x24 jam untuk rapid test antigen. Selain itu, untuk penumpang dengan usia di bawah 12 tahun wajib menunjukan kartu vaksin dan harus memenuhi persyaratan tes COVID-19 yang berlaku pada masing-masing wilayah.


Baca juga: Jelang PSBB Jakarta, tak ada lonjakan penumpang di bandara Yogyakarta

"Kami akan mensosialisasikan ini, supaa penumpang lebih siap dengan membawa persyaratan yang ditentukan dalam penerbangan," katanya.

Agus Pandu mengatakan jam operasional Bandara Internasional Yogyakarta mulai 09.00 WIB, penumpang mulai memasuki area pemeriksaan PeduliLindungi mulai 05.30 WIB.

"Penumpang harus sudah datang dua jam sebelum keberangkatan," katanya.


Baca juga: Sebanyak 3.355.660 penumpang gunakan jasa penerbangan di YIA

Baca juga: Penumpang di Bandara YIA tumbuh 31 persen jelang Idul Adha

Pewarta: Sutarmi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021