Peran pendidikan di pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis, mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan.
Jakarta (ANTARA) -
Berbagai informasi ekonomi dari ANTARA yang disiarkan pada Jumat (22/10) kemarin, menarik perhatian pembaca seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pesantren mampu menciptakan wirausaha yang sukses, hingga Bank Indonesia menyampaikan 22 bank akan mengimplementasikan sistem transfer online antarbank secara real time atau BI Fast.

Berikut berita yang masih bisa disimak pada Sabtu ini


Presiden Jokowi dorong pesantren ciptakan wirausaha

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pesantren mampu menciptakan wirausaha, yang sukses, sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi umat.

"Peran pendidikan di pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis, mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan," kata Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat.

Baca di sini

Jokowi: Ekonomi syariah peringkat 4 dunia tapi tak boleh berpuas diri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sektor ekonomi syariah Indonesia terus bertumbuh hingga sudah mencapai peringkat empat dunia pada 2020, namun segenap bangsa jangan langsung berpuas diri.

Presiden Jokowi menyebutkan Indonesia masih memerlukan upaya sinergis antara seluruh pemangku kepentingan agar ekonomi syariah dapat bertumbuh lebih pesat lagi di negara berpopulasi muslim terbesar di dunia ini.

Baca di sini

BI catat modal asing masuk Rp710 miliar pada pekan ketiga Oktober 2021

Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk ke pasar keuangan domestik sebesar Rp710 miliar pada periode 18-21 Oktober atau pekan ketiga Oktober 2021.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan di pasar surat berharga negara tercatat penjualan neto nonresiden sebesar Rp1,35 triliun. Namun di pasar saham, terjadi aksi beli secara neto sebesar Rp2,06 triliun.

Baca di sini

Wapres optimistis RI jadi pemain kunci industri keuangan syariah dunia

Wakil Presiden Ma'ruf Amin optimistis Indonesia menjadi pemain kunci industri keuangan syariah dunia, mengingat posisinya saat ini masuk dalam lima besar dari 135 negara dengan aset ekonomi syariah terbesar.

"Kami meyakini bahwa posisi Indonesia masih sangat mungkin untuk meningkat lagi," ujar Ma'ruf dalam acara peluncuran logo baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Jakarta, Jumat.

Baca di sini

Gubernur BI: 22 bank implementasikan BI-Fast pada pekan kedua Desember

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan sebanyak 22 calon peserta akan mengimplementasikan sistem transfer online antarbank secara real time atau BI Fast pada pekan kedua Desember 2021.

"Pada tahap pertama, kami menetapkan 22 calon peserta pada Desember ini dan 22 calon peserta tahap ke-2 pada Januari," katanya dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat.

Baca di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021