Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Ahad dini hari.

Berdasarkan informasi dalam akun Twitter @PTJASAMARGA, yang dikutip di Jakarta, Ahad dini hari, truk kontainer terguling sejak Sabtu sore dan mulai dilakukan penanganan sekitar pukul 17.39 WIB.

"#Tol_Purbaleunyi Batu Datar KM 94 - Plered KM 91 PADAT, dampak ada Penanganan Kecelakaan Kendaraan Truk Kontainer menutup lajur. GUNAKAN JALUR ALTERNATIF," tulis jasamarga dalam akun Twitternya.

Peristiwa truk terguling tersebut menimbulkan kemacetan di ruas Tol Purbaleunyi, lantaran posisi truk terguling menutup jalur kendaraan.

Baca juga: Truk muatan 15 ton terguling di Jalur Puncak Bogor

Baca juga: Truk kontainer terguling tutupi jalan Serang-Tangerang km 21


Sekitar pukul 19.22 hingga 19.45 WIB, Jasamarga sempat memberlakukan mekanisme jalur contraflow di ruas Plered KM 91+400 - KM 90 arah Jakarta untuk memperlancar antrean kendaraan.

Selanjutnya untuk mengevakuasi truk kontainer yang terguling pihak Jasamarga mengerahkan alat berat menuju KM 91. Perjalanan alat berat menuju KM 91, membuat ruas Plered KM 90 arah Cileunyi sempat ditutup sementara sekitar pukul 19.46 WIB.

Penanganan truk terguling terus dilakukan hingga pukul 22.12 WIB. Saat itu kemacetan sudah mencapai ruas Cikalong Wetan KM106.

Selanjutnya pada pukul 23.10 WIB Jasamarga kembali menginformasikan kepadatan volume lalu lintas telah mencapai ruas Cikubang KM 111 - Plered KM 91, namun truk sudah berhasil diamankan ke lajur darurat, sehingga lajur 2-3 sudah bisa dilintasi kendaraan.

Adapun penanganan truk terbalik dilaporkan selesai dilakukan pada pukul 00.08 WIB. Kepadatan volume lalu lintas mulai terurai di mana kepadatan tersisa di ruas Darangdan KM 98 - Plered KM 91.*

Baca juga: Truk boks sembako terguling di tol Jagorawi

Baca juga: Polisi selidiki kelalaian kasus truk terguling tewaskan enam orang

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021