Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menggencarkan kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk mengejar target 70 persen penduduk hingga 18 Oktober 2021 berdasarkan Inmendagri Nomor 48 Tahun 2021.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang Mirza Susanti di Palembang, Selasa, mengatakan dari sasaran 1.250.000 jiwa penduduk Palembang yang sudah divaksinasi dosis pertama mencapai 50 persen. Sedangkan untuk dosis kedua 30 persen.

“Jika tidak, nanti Palembang turun lagi ke PPKM Level 3. Karena itu kami sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi," kata Mirza.

Capaian vaksinasi lansia saat ini masih rendah, yakni dari target 180.000, baru tercapai 25 persen. Sedangkan untuk remaja dari sasaran 192.000 baru tercapai 10 persen.

Baca juga: Pemkot Palembang targetkan vaksinasi pelajar tuntas akhir 2021

Baca juga: Keterisian ruang ICU COVID-19 RSMH Palembang masih 90 persen


Saat ini vaksin yang digunakan masih Sinovac. Kalau moderna, masih diutamakan untuk tenaga kesehatan, ujar Mirza.

Untuk mengejar target tersebut, Pemkot Palembang menggelar vaksinasi massal bekerja sama dengan kecamatan di Palembang.

Bagi siapa yang mau divaksinasi, silahkan daftar dengan membawa KTP, kata Mirza.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini sebagai salah upaya membantu mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

"Hingga akhir tahun kami menargetkan hingga 70 persen. Namun, target ini bisa tercapai tergantung dengan stok vaksin. Karena itu, kami terus berupaya untuk mendapatkan stok vaksin kepada pemerintah pusat,” ujar Fitrianti.*

Baca juga: Sumsel gelar vaksinasi COVID-19 khusus ibu hamil

Baca juga: Dinkes Palembang minta tambahan vaksin COVID-19

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021