Jakarta (ANTARA) - Pameran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI digelar di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta untuk memperingati HUT Ke-76 TNI yang jatuh 5 Oktober 2021.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekratariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin, alutsista tersebut ditempatkan di ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta sejak Minggu 3 Oktober 2021, yakni di Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pameran alutsista tersebut digelar agar masyarakat mengetahui alutsista yang dimiliki TNI. Selain itu, juga untuk lebih mendekatkan TNI kepada masyarakat.

Baca juga: HUT TNI ke-76 akan gelar 112 alutsista di sekitar Istana Merdeka

Baca juga: Kasal: TNI AL pertajam kekuatan pesawat udara tanpa awak


"Ada lebih dari 100 unit alutsista milik TNI yang dipamerkan, tentunya memberikan kebanggaan kepada kita, seluruh masyarakat. Dan dari alutsista tersebut, sebagian besar jarang diketahui masyarakat," kata Heru di Jakarta, Senin.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Heru menyadari bahwa keberadaan alutsista tersebut tentunya menarik perhatian pengguna jalan. "Bagi masyarakat kami memohon pengertiannya dan memohon maaf jika melewati kawasan Istana karena akan terhambat perjalanannya," ujar Heru.

Pameran alutsista dalam rangka Hari TNI ini akan digelar hingga 6 Oktober 2021.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021