Jadi Space X dengan teknologi yang dimiliki dianggap sebagai salah satu operator yang excellence dan bisa menjadi alternatif bagus buat satelit komunikasi yang dibutuhkan Telkom
Jakarta (ANTARA) - Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia, Toto Pranoto menilai penjajakan kerja sama pemanfaatan teknologi satelit antara Telkom dengan perusahaan Amerika Serikat SpaceX milik Elon Musk dalam rangka pemerataan konektivitas digital di Indonesia.

"Saya kira kerja sama dengan SpaceX bagus buat Telkom dalam rangka pemerataan konektivitas digital di Indonesia," ujar Toto kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, luasnya lingkup wilayah geografis Indonesia membutuhkan dukungan coverage dan jangkauan yang mumpuni.

"Jadi Space X dengan teknologi yang dimiliki dianggap sebagai salah satu operator yang excellence dan bisa menjadi alternatif bagus buat satelit komunikasi yang dibutuhkan Telkom," kata Toto.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjajaki pembicaraan kerja sama terkait pemanfaatan teknologi satelit LEO dengan perusahaan Amerika Serikat SpaceX milik konglomerat Elon Musk dalam rangka meningkatkan konektivitas digital di Indonesia.

VP Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan bahwa Telkom berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Mengingat geografis wilayah Indonesia, maka peran teknologi satelit sangat dibutuhkan untuk dapat mengakselerasi pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Nusantara.

Untuk maksud tersebut Telkom terbuka untuk bermitra dengan pihak manapun yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi satelit.

Hal inilah yang mendasari pembicaraan kerja sama Telkom dengan SpaceX sebagai perusahaan asal Amerika yang telah dikenal luas memiliki kompetensi mumpuni dalam pengembangan teknologi satelit.

Diharapkan dengan terjalinnya kerja sama itu, Telkom mampu memberikan solusi guna mengakselerasi konektivitas hingga pelosok nusantara dengan penyediaan layanan satelit yang handal, berkualitas dan terjangkau.

Baca juga: Telkom jajaki kerja sama pemanfaatan satelit dengan SpaceX Elon Musk

Baca juga: Anggota DPR dorong transformasi Telkom demi penguatan kedaulatan data

Baca juga: ITDRI Telkom - Gojek gagas program Muda Maju bersama 1.000 Startup

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021