1.799 warga binaan Lapas Bekasi divaksin COVID-19

id Vaksinasi COVID-19,Vaksinasi warga binaan,1.799 warga binaan pemasyarakatan,WBP Lapas Kelas IIA Bekasi,Kota Bekasi

1.799 warga binaan Lapas Bekasi divaksin COVID-19

Warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Bekasi disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas Puskesmas Aren Jaya di area Lapas, Selasa (20/7). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah.

Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 1.799 warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Bekasi disuntik vaksin COVID-19 secara bertahap oleh Puskesmas Kelurahan Aren Jaya bersama tim kesehatan lapas usai melaksanakan Salat Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa.

"Kami difasilitasi untuk melakukan vaksinasi kepada warga binaan permasyarakatan hari ini yang dilakukan secara bertahap. Ini sangat membantu sekali," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIA Bekasi Tommy Ardy Nugroho, Selasa.

Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kota Bekasi yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Dia mengatakan kegiatan vaksinasi ini sebagai upaya menambah imunitas tubuh para warga binaan.

Tommy mengatakan antusiasme warga binaan mengikuti vaksinasi COVID-19 ini sangat tinggi bahkan dia mengklaim 100 persen warga binaan sudah siap untuk menyukseskan program vaksinasi.

"Seluruh warga binaan sudah menyatakan siap disuntik vaksin namun untuk hari ini kita utamakan yang punya NIK (Nomor Induk Kependudukan) dahulu," katanya.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan aparatur kelurahan setempat terkait teknis pelaksanaan vaksinasi warga binaan hingga nanti seluruh penghuni lapas mendapatkan suntik vaksin.

"Bertahap hingga nanti seluruh tahanan divaksin semua, sesuai kemampuan tenaga kesehatan," ucapnya.

Baca juga: Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak vaksinasi warga binaan

Baca juga: 846 penghuni lapas dan rutan di DKI jalani vaksinasi


Lurah Aren Jaya Fitri Angelia mengatakan vaksinasi COVID-19 kepada warga binaan dijadwalkan dilakukan secara bertahap.

"Hari ini kita melakukan vaksinasi sebanyak 250 orang dan nantinya seluruh warga binaan ini mendapat vaksin semuanya," katanya.

Sebelum disuntik vaksin, para warga binaan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan serta tes usap oleh petugas Puskesmas Aren Jaya.

Bila dinyatakan lulus pemeriksaan, warga binaan bisa langsung mendapatkan suntik vaksin perdana. Dia menargetkan seluruh warga binaan dapat menerima vaksin pada dua pekan ke depan.

"Target kami 1.700an tahanan Lapas Bulak Kapal ini segera divaksinasi, maksimal dalam dua minggu ini," kata dia.

Baca juga: Ribuan napi Lapas Porong ikuti vaksinasi COVID-19

Baca juga: LP Rajabasa minta Dinkes Bandarlampung percepat vaksinasi 1.000 napi

 

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar