oksigen yang ada di Samator Madiun ini diutamakan untuk kebutuhan medis
Madiun (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memastikan ketersediaan oksigen untuk kepentingan medis di wilayahnya aman sehingga penanganan pasien yang terpapar COVID-19 dapat maksimal.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan kepastian ketersediaan oksigen tersebut dilakukan dengan mendatangi stasiun pengisian oksigen di PT. Samator Gas Industri Madiun yang ada di Jalan Raya Madiun-Ponorogo, Dusun Kertobanyon, Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun pada Jumat siang ini.

"Hari ini kami mendatangi PT. Samator Gas Industri yang ada di Madiun untuk memastikan pasokan oksigen ke sejumlah rumah sakit di wilayah Madiun dan sekitarnya aman," ujar Bupati Ahmad Dawami di sela kegiatan sidak.

Menurut dia, berdasarkan penuturan pihak pengelola, stok saat ini mencapai 25 ribu ton. Stok sebanyak itu cukup untuk memenuhi kebutuhan medis selama 4 hingga 5 hari ke depan.

Pihak pengelola berupaya maksimal untuk selalu menambah stok agar kebutuhan oksigen guna penanganan pasien COVID-19 di wilayah Madiun dan sekitarnya aman.

Biasanya stok sebanyak 25 ribu ton tersebut cukup untuk sebulan. Namun karena ada lonjakan kasus COVID-19 saat pandemi, maka hanya cukup untuk beberapa hari dan akan terus ditambah sesuai kebutuhan.

"Kapasitas tangki saat ini masih 25 ribu ton untuk 4-5 hari. Dan Ini nanti oksigen yang ada di Samator Madiun ini diutamakan untuk kebutuhan medis di rumah sakit penanganan COVID-19," katanya.

Baca juga: RSLT Surabaya belum bisa dipakai karena masih tunggu tabung oksigen
Baca juga: Pemenuhan oksigen dimaksimalkan ke tujuh provinsi Jawa dan Bali


Sementara Kepala Cabang PT. Samator Gas Industri Madiun, Nanda Prasojo mengatakan pihaknya terus mengusahakan terpenuhinya permintaan oksigen bagi rumah sakit di wilayah kerjanya.

"Saat ini stok kami mencapai 2.400 tabung. Setiap bulannya, kami bisa mendistribusikan lebih dari 8.000 tabung ke wilayah Madiun dan sekitarnya," katanya.

Dalam pemantauan ketersediaan pasokan oksigen di PT. Samator Gas Industri Madiun tersebut, Bupati Madiun Ahmad Dawami didampingi oleh Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan dan Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles.

Baca juga: Luhut: Pesanan oksigen konsentrator dari Singapura tiba Jumat ini
Baca juga: Menperin apresiasi donasi oksigen medis industri pulp dan kertas

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021