Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, Kota Bandung, Kamis.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun meninjau proses penyuntikan vaksin COVID-19 bagi penyandang disabilitas dan peninjauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berjalan baik.

“Kita sudah memulai vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas di Jabar. Total penyandang disabilitas di Jabar sendiri sekitar 80 ribu orang,” kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Baca juga: Kemensos targetkan 564.080 jiwa penyandang disabilitas divaksinasi

Sebanyak 50 penyandang disabilitas yang terdata Balai Wyata Guna Bandung menjalani vaksinasi COVID-19. Dalam alur proses penyuntikan vaksin, penyandang disabilitas mendapat pendampingan dari panitia pelaksana.

Kang Emil menuturkan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas di 27 kabupaten/kota di Jabar nantinya akan menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh Dinas Sosial dan Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kita sudah mulai di tempat-tempat yang dikelola oleh Dinas Sosial kerja sama dengan Kemensos,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ini bisa kita selesaikan secepatnya,” kata dia.

Baca juga: Seratusan penyandang disabilitas di Sulsel jalani vaksinasi COVID-19
Baca juga: Pemerintah Aceh canangkan vaksinasi disabilitas mental di RSJ

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021