Depok (ANTARA) - Tim Horay dan Tim Arjuna yang beranggotakan mahasiswa S1 Ilmu Ekonomi,Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2017, 2018, 2019, meraih predikat juara 1 dan 2 dalam kompetisi Shopee Ultimate Case Challenge.

Ketua Program Studi S1 Akuntansi FEB UI Dr. Dyah Setyaningrum dalam keterangannya di Depok, Rabu mengatakan bangga atas pencapaian Tim Horay dan Tim Arjuna.

Mereka membuktikan, mampu menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik dengan menyelesaikan kasus yang diberikan, serta memberi rekomendasi yang out of the box.

"Kemampuan komunikasi dan kerja sama yang mereka tunjukkan juga luar biasa. Pencapaian ini juga menjadi bukti pentingnya kolaborasi multidisiplin, karena anggota berasal dari jurusan yang berbeda bahkan universitas yang berbeda. Kolaborasi dan multidisiplin ini selaras dengan kebijakan kampus merdeka, agar lulusan kita nanti menjadi adaptif dengan dunia kerja," katanya.

Ia mengatakan Prodi memberikan kontribusi dalam bentuk dukungan bagi tim yang membutuhkan coaching/mentor jika ingin mengikuti lomba. Dukungan juga diberikan oleh kakak tingkat yang sudah berpengalaman mengikuti kompetisi sejenis baik level nasional maupun internasional.”

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Shopee Indonesia tersebut diikuti oleh 655 tim yang berasal dari universitas di dalam negeri dan luar negeri, antara lain dari di Singapura, Hongkong, Australia, dan Amerika Serikat.

Juara 1 diraih oleh Tim Horay, yang terdiri dari Gabrielle Angela Christie (S1 Akuntansi FEB UI, 2018), Tasya Salensia (S1 Ilmu Ekonomi FEB UI, 2019), dan Prudence Koelomotang (S1 Hubungan Internasional FISIP UI, 2018).

Tim Horay menduduki peringkat tertinggi tersebut berkat solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Amerika Latin yang berjudul “Dari Lokal untuk Global Incubation Program: Paving the Way for Shopee Indonesia’s Export Program to Latin America”.

Data yang diperoleh oleh tim Horay diolah dari berbagai sumber research paper dan artikel tepercaya seperti JP Morgan, Deloitte, dan Statista. Selain itu, juga dilakukan analisis internal dan regresi STATA untuk mengidentifikasi tiga area dalam meningkatkan produk ekspor.

Tiga area itu di antaranya melalui product market dan fit dengan mencari hero products, serta penjual yang berkualitas dengan spesifikasi khusus untuk pasar Amerika Latin, menghasilkan produk dari bahan-bahan bermutu, memberikan harga kompetitif, serta menurunkan waktu pengiriman dengan economies of scale yang bisa dimulai dengan subsidi awal.

Juara 2 diraih oleh Tim Arjuna yang beranggotakan Aurora Anisha Zafira (S1 Manajemen FEB UI, 2017), Belinda Azzahra (S1 Akuntansi FEB UI, 2018), Verenne Tanara (Binus – Cybersecurity, 2018), dan Marvel Tanara (Universitas Parahyangan – Hubungan Internasional, 2018).

Tim Arjuna berhasil meraih predikat kedua karena memberikan solusi kasus yang berjudul “Strategi Business Development, Marketing, dan Operations dalam Pengembangan Export Program Seller Shopee Indonesia di Brazil.” Data yang diperoleh dari berbagai sumber eksternal seperti World Bank, Euromonitor, Shopee Indonesia, dan SEA group report.

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan terstruktur dalam menjawab kasus bisnis dan memberikan solusi yang dapat diterapkan terhadap permasalahan nyata di perusahaan.

Selain itu, peserta juga belajar melihat dari helicopter view, tentang pengembangan bisnis, pemasaran, dan operasional. Manfaat yang dapat dipetik peserta dari acara ini adalah bisa menjadi talent pool bagi Shopee, untuk mencari talenta terbaik dalam mengisi kesempatan magang, atau kesempatan kerja penuh.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021