Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan dalam sepekan terakhir jumlah kasus turun sebanyak 38 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

"Pada minggu pertama Juni 2021 kami menemukan sebanyak 154 kasus baru sedangkan pada minggu kedua sebanyak 96 kasus baru yang tersebar di seluruh kecamatan," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, penurunan kasus baru yang ditemukan di daerah itu dipengaruhi oleh menurunnya jumlah pemeriksaan atau testing yang dilakukan petugas terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan warga yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19.

Untuk data testing pada minggu kedua Juni 2021 yang terlapor, yaitu tes antigen sebanyak 466 kali dengan positif sebesar 6,86 persen dan tes PCR dilakukan sebanyak 144 kali dengan positif sebesar 19,44 persen.

"Pada minggu sebelumnya total tes berjumlah 812 kali, baik antigen maupun tes PCR," katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bangka Barat temukan 18 klaster dominan di Mentok
Baca juga: Kasus COVID-19 di Bangka Barat bertambah 51 orang


Putra menambahkan, terjadi tren penurunan kasus baru secara keseluruhan dalam beberapa pekan terakhir, namun pihaknya terus melakukan pemantauan sebagai bahan evaluasi. 

Secara keseluruhan, kata dia, jumlah warga di Kabupaten Bangka Barat yang terkonfirmasi positif COVID-19 selama pandemi berlangsung sampai saat ini sebanyak 2.417 kasus, 30 orang diantaranya meninggal dunia, 2.274 pasien dinyatakan sembuh dan 113 orang masih wajib menjalani perawatan dan karantina termasuk karantina mandiri.

Baca juga: Kontak erat, 19 bayi di Bangka-Babel terpapar positif COVID-19
Baca juga: 2.430 anak di Babel positif COVID-19

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021