Sepekan, upaya antisipasi mudik dan belajar tatap muka

id Humaniora sepekan, mudik, COVID-19,belajar tatap muka

Sepekan, upaya antisipasi mudik dan belajar tatap muka

Kendaraan melintas di Jalan Lintas Timur Sumatera, Sekernan, Muarojambi, Jambi, Sabtu (8/5/2021). Pada hari ketiga pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021, lalu lintas kendaraan pribadi di jalan penghubung Provinsi Jambi dengan Riau tersebut terpantau sepi dan hanya didominasi kendaraan angkutan barang. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora mendapat perhatian dalam sepekan terakhir yang masih menarik disimak pada Minggu, mulai dari upaya antisipasi perjalanan mudik hingga kegiatan belajar tata muka.

Berikut sejumlah berita humaniora dalam sepekan:

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan mobilitas antar kota maupun dalam kota tetap mempunyai risiko penularan, sehingga keputusan pemerintah untuk melarang mudik lokal dinilainya sangat tepat.

2. Indonesia terima batch ketiga vaksin AstraZeneca dari fasilitas COVAX

Indonesia menerima batch ketiga vaksin COVID-19 AstraZeneca dalam bentuk jadi, dari jalur multilateral COVAX Facility, yang tiba melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu pagi.

3. MUI dorong KPI hentikan sementara program televisi pelanggar P3SPS

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan sanksi tegas kepada empat stasiun televisi berupa penghentian sementara program tayangan karena dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

4. Indonesia dan Malaysia matangkan kerja sama penempatan pekerja migran

Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Ketenagakerjaan (Kemanker) terus mematangkan kerja sama tata kelola penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) sektor domestik ke Malaysia.

5. Wiku: Potensi kenaikan kasus COVID-19 dapat bebani fasilitas kesehatan

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk menaati larangan mudik, mengingatkan kenaikan kasus dapat memberikan beban kepada fasilitas kesehatan di berbagai daerah.

6. Pemerintah dorong pembelajaran atap muka

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mendorong pembelajaran tatap muka karena pemerintah tidak mau mengorbankan proses pembelajaran serta kesehatan mental anak-anak sekolah Indonesia.
 

Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar