Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Dikdasmen Kemendikbud RI, Jumeri meyakini edukasi aktivitas pengelolaan sampah bisa ditanamkan pada anak-anak melalui platform digital.

"Saya punya keyakinan aktivitas pengolahan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) bisa ditanamkan pada anak meskipun tidak bisa bertemu, tetapi bisa platform digital atau e-learning yang kita siapkan," kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Saat ini, ada satu modul digital pembelajaran interaktif yang bisa anak-anak dan guru manfaatkan yakni "Sampahku, Tanggung Jawabku", yang merupakan hasil kolaborasi antara wadah edukasi digital Sekolah.mu bersama AQUA. Sasaran edukasi program ini yakni anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD).

Walau begitu, Jumeri mengakui pembelajaran melalui daring masih terkendala terbatasnya jaringan internet dan listrik. Untuk mengatasi ini, salah satu yang bisa dilakukan yakni penyediaan modul dalam bentuk cetak atau buku.

"Model-model pengembangan seperti yang dilakukan Sekolah.mu bisa diviralkan, supaya menjadi gerakan nasional. Kami akan melakukan kurasi terhadap praktik-praktik baik semacam Sekolah.mu untuk kita masukkan dalam perangkat yang bisa kita berikan pada sekolah yang terkendala (internet), sekolah bisa mencetak dalam bentuk buku, tidak harus dibuka melalui jejaring internet," kata dia.
 
Hasil tangkapan layar modul "Sampahku, Tanggung Jawabku" di laman Sekolah.mu (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Terkait alasan kolaborasi ini, pendidik sekaligus pendiri Sekolah.mu, Najelaa Shihab mengatakan, pemahaman tentang lingkungan, lalu munculnya keinginan menjaga dan melakukan aksi pada lingkungan bagian dari kecerdasan yang dibutuhkan anak pada masa sekarang dan masa depan. Menurut dia, hal ini juga menjadi bagian dari kompetensi yang perlu untuk ditumbuhkan pada anak sejak dini.

"Kami percaya pemahaman tentang lingkungan, keinginan menjaga, melakukan aksi pada lingkungan itu bagian kecerdasan yang dibutuhkan anak di masa sekarang dan masa depan, bagian dari kompetensi yang memang perlu kita tumbuhkan," kata Najeela.

Jumeri berharap usaha ini bisa menjadi sarana mengajak anak didik berperan serta dalam mengolah sampah agar predikat Indonesia sebagai negeri penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia bisa segera hilang.

"Perubahan perilakunya akan sangat bermakna apabila dilakukan sejak anak usia dini," tutur Jumeri.

Mengenai modul digital "Sampahku, Tanggung Jawabku", Head of Climate & Water Stewardship Danone Indonesia, Ratih Anggraeni, mengungkapkan pentingnya bagaimana bisa memberikan pemahaman benar pada anak soal isu sampah, agar mereka mau mengelola sampahnya demi terwujudnya Indonesia lebih bersih.

"Kami jelaskan dulu apa sih sampah, jenis-jenis sampah apa saja, dampak sampah dibuang sembarangan, nantinya begitu mereka sudah memahami, baru kita ajarkan aksi apa yang bisa dilakukan, lalu memilah sampah," kata dia.

Ada berbagai bentuk kegiatan pembelajaran interaktif yang disediakan di dalam platform seperti tebak gambar, menyanyi bersama, mengajak anak berpetualang di sekitar rumah lalu menceritakan prosesnya hingga panel diskusi untuk berbagi inspirasi di antara sesama pengguna.

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021