Latsitardanus ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada taruna/taruni....
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sebagai inspektur upacara pada penutupan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Ke-41 Tahun 2021 Wilayah Provinsi Sumut, di Apron Lanud Soewondo Medan, Sabtu.

Komandan Upacara dalam acara ini adalah Letkol Pnb Anton Pallaguna yang menjabat Danskuadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol yang menjadi peserta Latsitardanus XLI/2021 bersama barisan mahasiswa oleh Inspektur Upacara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan dilanjutkan pernyataan penutupan.

Rangkaian acara penutupan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta latihan dan penyerahan piagam penghargaan.

Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan latsitardanus ini merupakan realisasi kurikulum integratif Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol tingkat akhir yang wajib dipenuhi, karena sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan taruna untuk kemudian dilantik menjadi perwira TNI-Polri.

Latsitardanus ini bertujuan untuk memberi pembekalan kepada taruna/taruni dalam menyongsong tugas ke depan, dan sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pandemi COVID-19.

"Hal ini juga sejalan dengan tema kegiatan yakni 'Latsitardanus XLI/2021 Turut Menyukseskan Program Pemerintah Daerah dalam Pencegahan COVID-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera Utara," kata mantan Pangkostrad itu pula.

Kegiatan latsitardanus antara lain melakukan pekerjaan fisik atau karya bakti, seperti perbaikan fasilitas umum, rumah tidak layak huni (RTLH), pembuatan/pengaspalan jalan, dan perbaikan drainase.

Sedangkan kegiatan nonfisik berupa riset sosial, penyuluhan COVID-19 ke kampung tangguh, sosialisasi kesehatan dan bahaya narkoba, promosi Akademi TNI dan Akpol ke sekolah-sekolah, serta penanaman nilai kejuangan kepada anak-anak sekolah.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan cenderamata oleh Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Malik, dan Kalemdiklatpol Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada pejabat TNI-Polri dan bupati/wali kota yang wilayahnya menjadi lokasi sasaran Latsitardanus XLI/2021.

Tampak hadir Aspers Panglima TNI, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU, Kasdam I/BB, Wakapolda Sumut, Danlantamai I Belawan, Pangkosekhanudnas III Medan, para pejabat Kodam I/BB, dan Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut.
Baca juga: Taruna Latsitardanus bersama masyarakat renovasi gereja dan masjid
Baca juga: Panglima TNI minta taruna-taruni bantu tangani pandemi COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021