Ini ada namanya value change, dari sistemnya kami perbaiki supaya harga ongkos melaksanakan bisnis itu bisa lebih murah, lebih mudah dan lebih baik
Sidoarjo (ANTARA) -
Menteri Perdagangan M. Lutfi mendorong perluasan pasar ekspor produk furnitur terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.
 
"Keberadaan PT. Integra sangat penting karena termasuk salah satu pabrik penghasil furnitur terbesar di Indonesia dengan pasar utamanya adalah luar negeri atau mayoritas hasil produksinya adalah ekspor," katanya usai melepas ekspor furnitur tujuan Amerika Serikat, produksi PT Integra Indocabinet di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.
 
Mendag Lutfi berjanji akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi industri untuk meningkatkan ekspor yang lebih besar lagi.
 
Menurutnya, selain ke AS, ekspor furnitur juga ke negara lain seperti China yang pasarnya masih terbuka lebar.
 
"Ini ada namanya value change, dari sistemnya kami perbaiki supaya harga ongkos melaksanakan bisnis itu bisa lebih murah, lebih mudah dan lebih baik. Saya akan menunjuk satu orang wakil yang bertanggung jawab untuk PT. Integra ini untuk bisa memastikan ekspor lebih besar lagi," katanya.
 
Lutfi juga membantah jika pasokan bahan baku di Indonesia lebih sulit dibanding dengan Vietnam karena justru peluang ekspor ke Amerika Serikat semakin terbuka lebar karena pesaing Indonesia yakni Vietnam yang merupakan salah satu negara pengekspor furnitur terbesar, saat ini tengah menghadapi sanksi dari Amerika Serikat.
 
"Vietnam tengah mendapatkan sanksi dari Amerika karena dinilai mendapatkan bahan baku kayu secara ilegal," kata Lutfi.
 
Pada kesempatan itu, Halim Rusli, CEO PT. Integra Indocabinet, mengatakan masa pandemi COVID-19 menyebabkan banyak industri sulit mencari pasar dan bahkan banyak yang gulung tikar.
 
"Setiap bulan PT. Integra Indocabinet. Tbk mampu mengekspor seribu kontainer furnitur. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat. Lebih dari 85 persen hasil produksi furnitur merupakan pesanan luar negeri. Rata-rata nilai ekspor dalam satu tahun mencapai Rp4 triliun," ujarnya.

Baca juga: Ekspor furnitur Jatim meningkat pascapelonggaran lockdown
Baca juga: Ekspor furnitur di Cirebon terus tumbuh di masa AKB
Baca juga: Kemenperin jaga pasar ekspor IKM furnitur dan kerajinan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021