Yogyakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Pos Indonesia dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan meluncurkan perangko khusus peringatan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta pada 3 Juli 2010.

"Perangko seri bertema Satu Abad Muhammadiyah itu akan dicetak sebanyak 500.000 set atau sebanyak 1,5 juta lembar," kata Direktur Utama Perseroan Terbatas (PT) Pos Indonesia I Ketut Mardjana di Yogyakarta, Senin.

Perangko peringatan tersebut, menurut dia, dicetak dalam tiga bentuk atau desain. Ketiga desain itu terdiri atas Masjid Kauman Yogyakarta, foto diri Kiai Haji (KH) Ahmad Dahlan, dan Muhammadiyah dan pendidikan.

Ia mengatakan, masing-masing perangko itu nilai nominalnya Rp1.500 per perangko. Masa jual prangko tersebut sampai dengan 31 Desember 2013 dan masa laku perangko hingga 31 Desember 2015.

"Selain ketiga desain perangko itu PT Pos Indonesia juga menerbitkan Sampul Hari Pertama yang berisi tiga desain perangko tersebut," katanya.

Menurut dia, penerbitan perangko dengan seri Muhammadiyah itu bukan yang pertama kali. Perangko tentang Muhammadiyah pertama kali diterbitkan pada 22 September 1941 bertema sosial.

Selanjutnya, perangko untuk seri tokoh, yakni KH Ahmad Dahlan sebagai pahlawan nasional diterbitkan pada 10 November 1962, dan prangko seri Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.

"Usia seabad perlu juga kami apresiasi karena kiprah Muhammadiyah dalam membangun bangsa dan negara ini," katanya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin mengatakan, seluruh warga Muhammadiyah maupun masyarakat umum diharapkan dapat memanfaatkan perangko tersebut, yang menjadi momentum bagi sumbangsih Muhammadiyah.

"Saya berharap PT Pos Indonesia juga banyak mendirikan outlet di luar kantor pos, karena ada puluhan ribu penggembira muktamar yang akan berbondong-bondong membeli perangko khusus tersebut," katanya.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010