Dengan latihan ketika ada OTK, personel akan sigap berbuat
Palangka Raya (ANTARA) - Brimob Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan latihan penanganan orang tidak dikenal (OTK) di penjagaan pintu masuk markas polda setempat, untuk mengantisipasi ancaman terjadinya serangan teroris secara tiba-tiba.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo diwakili Dansat Brimob Polda setempat Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin, di Palangka Raya, Minggu, mengatakan bahwa selain mengantisipasi aksi teror, kegiatan itu melatih personel agar lebih siap dalam mengamankan markas apabila secara mendadak terjadi ancaman atau teror.

"Penanganan OTK dalam hal ini tidak hanya dilakukan oleh personel Satbrimob di Kota Palangka Raya, tetapi juga dilakukan oleh seluruh jajaran markas komando (mako) yang ada di Satbrimob Polda Kalteng," kata Bambang.

Dia mengatakan, dengan latihan tersebut diharapkan personel tidak kebingungan dan bisa bergerak cepat apabila terjadi hal-hal yang ditakuti akan terjadi.

Personel diharapkan selalu siap untuk mengantisipasi teror yang mungkin dilakukan orang tidak dikenal yang dengan sengaja ingin menyerang markas yang berada di wilayah hukum Polda Kalteng.

"Dengan latihan ketika ada OTK, personel akan sigap berbuat sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila membahayakan personel dan orang sekitarnya, maka anggota akan memberi tindakan tegas dan terukur," katanya pula.

Sebelumnya, personel Polda Kalteng yang piket melaksanakan penjagaan di pintu masuk gerbang utama Polda Kalteng sudah memberlakukan pemeriksaan ketat terhadap setiap tamu yang membawa barang ke Markas Polda Kalteng.

Selain barang bawaan, anggota juga memeriksa barang yang ada di tubuh. Apabila dinyatakan aman, maka baru pengunjung dipersilakan masuk ke lingkungan Markas Polda Kalteng.

Pemeriksaan ketat dilakukan personel Polda Kalteng dengan tujuan untuk kenyamanan personel serta tamu yang berada di mako yang saat itu sedang melaksanakan urusan serta lain sebagainya dengan kepolisian.
Baca juga: Polda Kalteng kirim 100 personel BKO ke Papua
Baca juga: Brimob Polda Kalteng bantu pengamanan area Freeport saat HUT RI

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021