Saat ini layanan jasa BGR Logistics didukung dengan implementasi sistem informasi yang saling terintegrasi antara satu layanan jasa dengan layanan jasa lainnya yang kami miliki...
Jakarta (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics selaku BUMN bidang logistik mengungkapkan penerapan sistem teknologi informasi atau IT yang terintegrasi dapat memberikan layanan jasa logistik digital terpadu.

"Saat ini layanan jasa BGR Logistics didukung dengan implementasi sistem informasi yang saling terintegrasi antara satu layanan jasa dengan layanan jasa lainnya yang kami miliki, sehingga BGR Logistics dapat memberikan satu skema layanan jasa atau solusi logistik digital terpadu mulai dari hulu sampai hilir (Integrated Logistics Solution)," ujar Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Kuncoro, supply chain management dapat dijalankan perusahaan dengan implementasi IT berupa sistem ataupun aplikasi yang terus dikembangkan dan dimutakhirkan untuk mendukung layanan jasa yang dijalankan perusahaan.

Baca juga: BGR logistics peroleh penghargaan dukung transformasi digital

Mulai dari proses order jasa sampai dengan barang milik pelanggan diantarkan kepada pelanggan akhir dengan mengimpelementasikan sistem layanan yang berbasis IT.

"Kami memiliki BGR Logistics Smart Warehouse di mana mulai dari armada memasuki komplek pergudangan terdapat parking system yang mumpuni berbasis aplikasi, lalu jembatan timbang secara online system, pengelolaan gudang sudah menggunakan Warehouse Integrated Application," kata Dirut BGR Logistics tersebut.

Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya memiliki gudang modern untuk barang atau produk Fast Moving Consumers Goods (FMCG) yang mampu menampung hingga 24.000 SKU.

Layanan depo kontainer mampu menampung hingga 10.000 kontainer dengan dukungan aplikasi yang dapat dipergunakan atau dipantau oleh pelanggan secara real time. Mobile dan Permanent Cold Storage juga diimplementasikan sistem informasi, serta gudang multy purpose  juga ada.

Baca juga: Transformasi BGR Logistics diharap bantu pemerintah terkait logistik

Untuk monitoring pergerakan seluruh armada diimplementasikan Fleets Integrated and Order Monitoring System (FIONA), informasi pergerakan armada dapat terpantau dan informasinya dapat diberikan secara real time kepada pelanggan.

Selain itu, BGR Logistics memiliki digital platform untuk bisnis yang dijalani. “BGR Access” Namanya, saat ini diimplementasikan untuk membantu rumah tangga membuang barang bekas elektroniknya, menampung limbah minyak jelantah untuk diproses menjadi bio diesel yang dapat dipergunakan untuk bahan bakar armada truck BGR Logistics, serta aplikasi “Warung Pangan” yang saat ini sudah hadir di beberapa kota seperti JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan beberapa waktu dekat ini akan hadir di Solo serta Bangka Belitung.

Aplikasi Warung Pangan untuk membantu UMKM atau pemilik usaha warung memperoleh bahan pangan dengan mudah dan aman di tengah pandemi covid19. Bersama Holding BUMN Klaster Pangan serta koperasi di Indonesia, aplikasi Warung Pangan menyediakan bahan pangan yang dapat dibeli oleh UMKM atau pemilik usaha warung dengan harga stabil.

"Seluruh sistem dan aplikasi yang kami miliki dapat dipantau pada command center BGR Logistics yang berada di Kantor Pusat, Jakarta," kata Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021