PMI Kota Tangerang menyediakan layanan jemput untuk memberikan kemudahan agar pemenuhan plasma konvalesen tercapai
Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Banten telah menyalurkan 943 kantong  plasma darah konvalesen kepada rumah sakit untuk membantu kesembuhan pasien positif COVID-19.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah di Tangerang Senin mengatakan penyaluran  plasma darah konvalesen terus dilakukan jika stok yang dimiliki tersedia.

Baca juga: 21 personel Polda Metro penyintas COVID-19 donorkan plasma konvalesen

Dirinya juga mengajak kepada penyintas  COVID-19 untuk ikut serta dalam donor plasma darah konvalesen di UTD PMI Kota Tangerang.

Sebab plasma konvalesen tersebut sangat efektif untuk kesembuhan bagi pasien yang dalam kondisi penanganan khusus di Rumah Sakit karena terpapar COVID-19.

"Efektifnya sangat tinggi untuk kesembuhan dengan plasma konvalesen ini," katanya.

Baca juga: Wali Kota Jakbar siap donorkan plasma konvalesen

Ia mengatakan donor plasma konvalesen merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengatasi pandemi. Sebab saat ini permintaan dari rumah sakit terhadap kebutuhan plasma konvalesen masih besar.

Sementara itu darah plasma konvalesen yang telah didistribusikan kepada rumah sakit yakni golongan A sebanyak 242 kantong, golongan B 228 kantong, golongan O sebanyak 425 kantong, dan golongan AB sebanyak 48 kantong.

"Hari ini juga kita kirim 26 kantong lagi ke rumah sakit," katanya.

Baca juga: PMI ambil plasma konvalesen penyintas untuk obati pasien positif

Kabiro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan untuk memenuhi stok plasma konvalesen telah dilakukan kerjasama dengan berbagai lembaga termasuk pemerintah daerah.

Kepada pegawai yang telah sembuh, diajak untuk ikut serta dalam plasma konvalesen. Bahkan PMI Kota Tangerang menyediakan layanan jemput untuk memberikan kemudahan agar pemenuhan plasma konvalesen tercapai.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021