Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan apresiasinya untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank.

“Saya ucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank, yakni Universitas Muhammadiyah Malang, peringkat I, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat IV serta Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat VIII," katanya melalui video singkat yang disampaikan dalam rilis UMM yang diterima di Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Nadiem berharap prestasi ini dapat menjadi semangat untuk seluruh universitas Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa serta membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

“Selamat dan sukses pada perguruan tinggi Muhammadiyah. Semoga tetap konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas secara kompetensi dan pendidikan karakter. Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah," katanya.

Mendikbud juga meminta perguruan tinggi Muhammadiyah untuk melanjutkan perjuangan dalam menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi secara profesional, sesuai perkembangan IPTEK berdasarkan nilai-nilai Islam untuk Indonesia maju dan harum di kancah internasional.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof Dr Syamsul Arifin menyampaikan capaian ini menjadi langkah mantap kampus putih tersebut untuk meraih rekognisi secara internasional sebagai upaya mewujudkan Visi UMM 2030.

"Tentu ini akan menjadi pemicu, menjadi trigger dan energi positif bagi sivitas akademika UMM untuk terus meningkatkan capaian-capaian internasional. Kita memang telah mematok visi UMM pada 2030, UMM mendapatkan international recognition, pengakuan internasional dari berbagai lembaga pemeringkat, baik sertifikasi maupun akreditasi," ujarnya.

Syamsul mengungkapkan saat ini beberapa program studi (prodi) di UMM telah meraih sertifikasi dan akreditasi internasional, di antaranya Prodi Manajemen, Peternakan, Pendidikan Biologi (sertifikasi Asean University Network Quality Assurance), dan Teknik Industri (akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Sementara itu, Prodi lainnya juga sedang dalam proses internasionalisasi. "Jadi akan banyak prodi yang terakreditasi secara internasional. Ini sebagai penanda kalau kita akan terrekognisi, sehingga dosen-dosen dengan mudah bisa berjejaring dan para alumni bisa diakui di level ASEAN, maupun internasional dan tentu saja nasional,” katanya.

Senada dengan Syamsul, Rektor UMM Dr Fauzan menyampaikan terima kasihnya kepada sivitas akademika yang semangatnya tidak pernah redup dalam berkarya dan menjadikan UMM lebih baik dari hari ke hari.

"Terima kasih kepada semua sivitas akademika yang telah bekerja keras hingga UMM mampu terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank ini didasarkan pada beberapa kriteria, di antaranya telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara bersangkutan, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral) serta melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan non-jarak jauh.

Berikut urutan sepuluh besar Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank, yakni Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia), Iran University of Science and Technology (Iran), Cairo University (Mesir), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia).

Selanjutnya Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran), Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia), dan Universitas Islam Indonesia (Indonesia).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021