Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta terpilih Gibran Rakabuming Raka berharap pers menyebarkan optimisme dan terus mendukung upaya untuk memajukan bangsa.

"Kami dalam kesempatan ini, memberikan pesan Pers terus berperan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa melalui berita yang objektif, berimbang, dan yang paling penting virus-virus optimisme," kata Gibran pada acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Gedung Monumen Pers Nasional Surakarta, Selasa.

Pada masa pandemi COVID-19, putra Presiden Joko Widodo itu mengatakan, peran pers dibutuhkan untuk meningkatkan optimisme warga serta mendukung upaya penanggulangan penyakit dan pemulihan ekonomi.

"Kami meminta yang terpenting awak media tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi ini karena awak media bekerja keras di lapangan setiap hari untuk edukasi publik. Hal ini, perlu perhatian khusus dengan diberikan fasilitas vaksin guna mengantisipasi penularan COVID-19," katanya.

Gibran sempat melihat sejarah perkembangan pers nasional di Monumen Pers Nasional Surakarta.

"Saya juga melihat perlengkapan skydiving seorang wartawan yang meliput sebuah momen kegiatan penting di udara, sangat luar biasa," katanya.

Acara peringatan HPN 2021 yang digelar di Monumen Pers Nasional Surakarta disiarkan via daring.

Kepala Monumen Pers Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Hastjaryo, Ketua PMI Surakarta Anas Syahirul, wartawan senior Begog D Winarso, dan beberapa insan media di Solo menghadiri acara itu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:
Presiden: 5.000 vaksin COVID-19 diberikan ke insan pers akhir Februari
Presiden Jokowi sebut aspirasi pers ditampung di UU Cipta Kerja

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021