Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan dan jajaran menyiagakan 63 pos pengamanan dan pelayanan mudik Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di perbatasan wilayah provinsi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan perjalanan darat.

Pos pengamanan dan pelayanan itu disiagakan di jalur lintas timur (Jalintim), jalur lintas tengah (Jalinteng) dan jalan tol Palembang-Lampung, kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol.Supriadi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, selama ini posko mudik hanya disiagakan di jalintim dan jalinteng Sumatera, kini diperluas karena pada arus mudik ini dioperasikan jalan tol menghubungkan Palembang-Lampung.

Baca juga: Polresta Cirebon pastikan tempat istirahat tol diberlakukan pembatasan

"Khusus di jalan tol, pihaknya menyiagakan pos di rest area KM 269 dan KM 277 Siberuk, KM 306 dan 311 Pedamaran wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel perbatasan dengan Lampung," ujarnya.

Masyarakat yang mudik atau liburan menggunakan kendaraan pribadi dan bus angkutan umum melalui jalan tol ruas Palembang-Lampung bisa menggunakan posko tersebut untuk beristirahat.

Kemudian bisa memanfaatkan posko sebagai tempat beristirahat, masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan pengobatan jika merasa ada gangguan kesehatan oleh petugas gabungan.

Selain menyiapkan posko mudik, pihaknya juga meningkatkan kegiatan patroli di daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta rawan kemacetan arus lalu lintas.

Melalui kegiatan Operasi Lilin Musi 2020 yang melibatkan ribuan personel gabungan TNI/Polri, dan beberapa instansi terkait seperti petugas kesehatan, pekerjaan umum, Satpol PP, dan pemadam kebakaran, masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, kata Kabid Humas Polda Sumsel.


Baca juga: Graha Ragunan fasilitasi internet cepat untuk Natal daring
Baca juga: PLN jamin ketersediaan pasokan listrik Jawa-Bali saat Natal-Tahun Baru

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020