Tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak ke TPS
Makassar (ANTARA) - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020, Rabu.

Salah satunya dengan menyiapkan kendaraan antar jemput bagi pemilih. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Pallagga, setiap desa dan kelurahan menyiapkan kendaraan antar jemput bagi pemilih.

"Semua Desa dan Kelurahan di Pallangga yang jumlahnya 16 menyiapkan mobil dan motor untuk menjemput Pemilih. ini salah satu cara kami dalam upaya mengajak untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata Camat Pallagga Taufik M Akib melalui keterangan resminya di Makassar, Rabu.

Taufik menyebutkan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya. Apalagi dinilai tingginya angka partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator keberhasilan pemilihan.

"Jadi dengan adanya kendaraan ini, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak ke TPS menyalurkan hak pilihnya," kata dia.

Hal yang sama juga dilakukan di dataran tinggi Gowa, seperti di Kelurahan Tonrorita, Kecamatan Biringbulu yang ikut menyiapkan kendaraan bagi masyarakat agar datang ke TPS.

"Rata-rata semua desa dan kelurahan di Biringbulu menyiapkan kendaraan. Seperti di Kelurahan Tonrorita ada kami siapkan khususnya untuk menjemput masyarakat yang jauh dari TPS," kata Lurah Tonrorita Muh Syarif.

Selain kendaraan antar jemput, Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) juga berkeliling menggunakan mobil unit pelayanan informasi untuk mengingat masyarakat untuk ke TPS.

"Ini kita lakukan untuk kembali mengingatkan masyarakat untuk ke TPS menyalurkan hak pilihnya. Dan kami juga menjelaskan kepada masyarakat terkait isu-isu hoaks di TPS bahwa tidak ada rapid maupun swab test di TPS," kata Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni.
Baca juga: Pilkada Kabupaten Gowa dan Soppeng diikuti calon tunggal
Baca juga: KPU Gowa dan Soppeng perpanjang masa pendaftaran peserta Pilkada 2020

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020