Jakarta (ANTARA) - Ragam berita di kanal politik Antaranews.com pada Minggu (6/11) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Presiden Jokowi tunjuk Menko PMK sebagai Pjs Mensos
Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai penjabat sementara Menteri Sosial untuk menggantikan Juliari P Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Untuk sementara saya akan menunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu.

Baca selengkapnya

2. Cawagub Bengkulu meninggal dunia, KPU tunggu keputusan
Komisoner KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni mengatakan pihaknya menunggu keputusan KPU RI terkait meninggal-nya calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bengkulu nomor urut 1 Muslihan Diding Sutrisno (74) yang berpasangan dengan Helmi Hasan dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Bengkulu 2020.

Muslihan sebelumnya dikabarkan terpapar COVID-19 dan harus mendapatkan perawatan medis di RSUD M Yunus Kota Bengkulu. Akibat sakit tersebut Muslihan juga absen pada debat kandidat cagub dan cawagub Provinsi Bengkulu putaran pamungkas, beberapa waktu lalu.

Baca selengkapnya

3. Pengamat nilai Gatot Nurmantyo cari dukungan untuk Pilpres 2024
Pengamat politik Ujang Komarudin menilai sepak terjang Gatot Nurmantyo belakangan ini, termasuk membela Rizieq Shihab tidak lepas dari langkahnya mencari dukungan untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, kata dia, bukan hal aneh jika purnawirawan jenderal bintang empat itu membela mati-matian Rizieq.

"Tidak aneh dan bukan hal baru, karena keduanya memiliki garis yang sama, yaitu menjadi kritikus terhadap pemerintah," katanya kepada wartawan, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Bawaslu Kabupaten Blitar terima aduan bagi-bagi mobil
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menerima aduan soal salah satu instansi di Kabupaten Blitar yang membagi-bagikan mobil bagi operasional untuk desa yang dilakukan di masa tenang menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

"Siang ini ada laporan yang masuk ke bawaslu, terkait salah satu dinas yang memberikan mobil operasional desa. Kami akan lihat dulu keterpenuhannya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin di Blitar, Minggu.

Baca selengkapnya

5. Disinformasi Papua Barat, Wakil Ketua DPR dukung diplomasi Kemenlu
​​​​​Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Korpolkam) M Azis Syamsuddin, menyatakan sepenuhnya mendukung langkah-langkah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dalam mengusut disinformasi isu Papua Barat (Pabar).

Sebelumnya, Kemenlu telah menegaskan protes melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia terkait pembiaran oleh Pemerintah Inggris terhadap separatis Benny Wenda dalam penyebaran disinformasi tentang Papua Barat pada tanggal 4 Desember 2020.

"Saya sepenuhnya mendukung langkah Kemenlu dalam penggunaan segala instrumen diplomasi dalam menjaga harkat dan martabat NKRI. Segala bentuk disinformasi dan fitnah harus dihentikan. Saya harapkan pemerintah Inggris segera menindak tegas terhadap oknum Benny Wenda," ujar Azis dalam perjalanan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020