Jakarta (ANTARA) - Platform Facebook Messenger dan Instagram juga akan mendapatkan fitur pesan sementara, seperti WhatsApp.

Fitur ini bernama "vanished mode", pesan akan menghilang sendiri begitu obrolan ditutup. Mengutip laman Cnet, Jumat, vanished mode tersedia jika pengguna sudah memperbarui aplikasi Messenger dan Instagram.

FItur ini tersedia untuk kedua platform, di Instagram vanished mode bisa digunakan di fitur pesan pribadi atau Direct, untuk mengobrol dengan teman di Facebook.

Facebook pada September lalu memperkenalkan fitur mengobrol lintas aplikasi Instagram dengan Facebook tanpa harus keluar-masuk aplikasi.

Pengguna bisa menyalakan vanished mode dengan menggeser ke atas (swipe up) jendela obrolan yang sudah ada. Jika digeser ke atas lagi, pengguna akan kembali ke mode reguler.

Untuk menghindari perisakan atau pelecehan dalam menggunakan fitur ini, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar (screenshot), memblokir dan melaporkan percakapan.

Teman bicara akan mendapat notifikasi jika pengguna mengambil tangkapan layar.

Vanished mode tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, dalam waktu dekat juga akan hadir di Eropa.

Baca juga: Facebook, TikTok blokir tagar yang sebarkan teori konspirasi pemilu AS

Baca juga: Facebook rilis layanan kencan di 32 negara

Baca juga: Facebook hadirkan perpesanan lintas platform Instagram dan Messenger

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020