Masyarakat tidak perlu takut untuk terbang
Medan (ANTARA) - Manajemen Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, siap mewujudkan penerbangan aman dan menjamin kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Executive General Manager Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang Djodi Prasetyo dalam keterangannya yang dikutip di Medan, Ahad, mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan maksimal di tengah keterbatasan saat ini.

Baca juga: 200 WNI dari Malaysia jalani protokol kesehatan di bandara Kualanamu

Menurut dia, upaya meningkatkan kepercayaan para pengguna jasa salah satunya dengan konsisten menerapkan safe travel bersama komunitas Bandar Udara Kualanamu untuk meningkatkan kepercayaan pengguna jasa kebandarudaraan.

"Masyarakat tidak perlu takut untuk terbang, sebab selain protokol kesehatan yang harus dipenuhi, kebandarudaraan secara rutin melakukan disinfeksi. Kami tetap memastikan penerapan physical distancing tetap terjaga, selain itu penumpang yang datang dan berangkat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner," katanya.

Djodi menyebutkan per harinya, penumpang pada September 2020 tercatat 6.000 sampai dengan 7.000 penumpang, pesawat udara 78 pergerakan, dan kargo 166.640 kilogram.

Secara total selama delapan bulan berjalan yakni Januari hingga Agustus 2020, penumpang tercatat sebanyak 2.573.475, pesawat udara 26.671 pergerakan, dan kargo 33.720.845 kilogram.

"Pada periode Juni dan September 2020 yakni masa adaptasi kebiasaan baru penumpang sudah menunjukkan kenaikan.Yakni pada bulan Juni melayani 75.268, sedangkan September 170.615 penumpang," ujarnya.

Djodi mengatakan hal ini terjadi karena tingkat kepercayaan para pengguna jasa terus bertumbuh, maka Angkasa Pura II sebagai pengelola kebandarudaraan harus senantiasa memperhatikan keamanan dan kesehatan saat pandemi COVID-19 sekarang ini.

Baca juga: KA Bandara Medan mulai beroperasi kembali 1 Agustus
Baca juga: Bandara Kualanamu tingkatkan fasilitas lindungi penyebaran COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020