Kota Bandung Alhamdulillah masih tingkat kewaspadaan oranye dan terkendali
Bandung (ANTARA) - Kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Bandung mencapai angka 1.015 orang secara kumulatif berdasarkan data yang dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Kamis, mengatakan 88 persen orang yang pernah dinyatakan positif COVID-19 sejak wabah ini masuk ke Kota Bandung pada 17 Maret 2020, kini sudah dinyatakan sembuh, dari total kasus kumulatif COVID-19 hingga kini sudah mencapai 1.152 kasus.

"Sejauh ini Kota Bandung Alhamdulillah masih tingkat kewaspadaan oranye dan terkendali," kata Oded M Danial.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bandung sebut seratusan ASN positif COVID-19 sembuh

Selain itu, ia juga menyampaikan dari 326 aparatur sipil negara (ASN) yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19, kini 95,4 persennya sudah sembuh, dengan tersisa 4,6 persen atau 15 orang yang masih positif dalam pemantauan.

Oded juga menyebutkan ada empat kecamatan di Kota Bandung yang kini tanpa kasus positif COVID-19, yakni Kecamatan Cinambo, Kecamatan Panyileukan, Kecamatan Sukajadi, dan Kecamatan Bandung Kidul, dengan rincian 51 kelurahan tanpa kasus aktif COVID-19.

Baca juga: Angka okupansi ruang isolasi COVID-19 di Kota Bandung meningkat

Dia memastikan Pemerintah Kota Bandung bakal terus mengandalkan pengetesan masif untuk memetakan sebaran pandemi COVID-19.

Sejauh ini, ia merinci pihaknya sudah melakukan 43.019 tes cepat atau 1,73 persen dari jumlah penduuduk, dan 26.839 tes usap atau 1,08 persen dari jumlah penduduk.

Baca juga: Pemkot Bandung ancam tutup Jalan Dipatiukur yang kerap dipadati

Menurutnya, jumlah pengetesan dengan dua metode itu sudah melebihi standar dari WHO.

"Meskipun begitu kami masih terus akan melakukan pengetesan kepada 7.400 tenaga kesehatan se-Kota Bandung," katanya.

Baca juga: Jumlah kesembuhan COVID-19 di Kota Bandung meningkat

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020