Tamiang Layang, Kalteng (ANTARA) - Seorang kakek dari warga Desa Tangkum Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Wakimin (65), ditemukan dalam keadaan selamat setelah tiga hari menghilang di dalam hutan.

Wakimin ditemukan relawan dari Sabilal Mujahidin Ampah, aparat Polsek Dusun Tengah dan Koramil Ampah Kota. “Ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB hari ini dengan kondisi lemah dan sedang berjalan di jalan setepak,” kata Kepala Polsek Dusun Tengah, Inspektur Polisi Satu Nur Heriyanto, saat dihubungi melalui telepon seluler di Tamiang Layang, Selasa.

Baca juga: Tim SAR hentikan sementara pencarian dua bocah hilang di hutan

Wakimin ditemukan di sekitar kebun karet yang berada di wilayah Layung Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah. Wakimin menghilang di sekitar bendungan di Desa Sibung, sekitar pukul 13.00 WIB Sabtu (29/3). 

Saat itu, Wakimin sedang berjalan kaki. Hingga sekitar pukul 16.30 WIB, Wakimin tidak kunjung pulang, sehingga keluarga berupaya mencari namun belum berhasil.

Baca juga: Tim SAR lakukan pencarian lima orang hilang di hutan Luwu Timur

Pada Minggu (30/8) keluarga langsung melaporkan hal itu ke Polsek Dusun Tengah. “Pihak keluarga yang terus mencari, bersama tim gabungan Polsek Dusun Tengah, TNI Koramil Ampah Kota dan Damkar Samuja. Akhirnya ada laporan dari warga, korban ditemukan di sekitar kebun karet milik Uzi yang berjarak dua kilometer dari jalan desa,” kata Heriyanto.

“Mendapat laporan dari warga, kita bersama tim gabungan dan pihak keluarga langsung menuju lokasi, dan benar korban ada di sana dalam keadaan lemas. Setelah itu, korban langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk dirawat sebelum dibawa pulang ke rumah,” kata dia.

Nurheriyanto mengimbau kepada masyarakat agar tidak membiarkan orangtuanya yang sudah lanjut usia untuk berjalan sendiri. 

Baca juga: Seorang warga hilang di Hutan Lindung Bukit Daun ditemukan selamat

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020