Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan program-program strategis pertanahan untuk memenuhi keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Acara digelar oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu dimulai pukul 09.00 WIB di Kawasan Berikat Nusantara Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat.

Salah satu program yang akan diluncurkan pada acara tersebut adalah Layanan Rakyat untuk Serifikasi Tanah (Larasita). Larasita yang memadukan teknologi informasi dan pelayanan petugas BPN dalam bentuk pelayanan bergerak itu diharapkan mampu menghilangkan praktik percaloan tanah.

Ketua BPN Joyo Winoto ketika melaporkan persiapan acara itu kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu 13 Januari 2010 mengatakan Larasita akan diluncurkan dalam bentuk kapal motor untuk layanan sertifikasi tanah bagi masyarakat Kepulauan Seribu.

Larasita diharapkan mampu memfasilitasi percepatan program-program pertanahan, di antaranya adalah legalisasi pertanahan, reformasi agraria, pengurusan tanah terlantar, dan penyelesaian sengketa serta konflik pertanahan.

Sebelum diluncurkan sebagai program nasional, Larasita diujicobakan di 14 kabupaten/kota. Dari hasil uji coba, Larasita mampu memangkas aktivitas serta meringankan beban masyarakat.

Hingga akhir 2008, Larasita dikembangkan di 124 kabupaten/kota atau seperempat wilayah Indonesia. Pada 2009, BPN menambah jangkauan program Larasita di 134 kabupaten/kota, sehingga pada akhir 2009 sekitar 60 persen wilayah Indonesia telah terjangkau program tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010