Makassar (ANTARA) - Partai Demokrat kembali menyerahkan rekomendasi usungan kepada tujuh bakal pasangan calon yang akan berlaga pada Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan, 9 Desember 2020.

"Sudah diserahkan tadi langsung oleh Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono, untuk Kota Makassar dan Kabupaten Bulukumba, sementara yang lain menyusul," ujar Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani, saat dikonfirmasi wartawan dari Makassar, Rabu.

Penyerahan rekomendasi tersebut berlangsung di kantor DPP Demokrat, Jakarta. Dua pasangan bakal calon Kepala Daerah masing-masing Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rahman Bando dan Kabupaten Bulukumba, Andi Hamzah Pangki-Andi Murni Makking, telah menerima mandat tersebut.

Sedangkan bakal calon pasangan kepala daerah untuk Kabupaten Gowa yakni petahana, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Malanganni, Kabupaten Kepulauan Selayar Zainuddin-Aji Sumarno

Selanjutnya, Kabupaten Tana Toraja, pasangan Theofilius Allorerung-Zadrak Tombeg, disusul Kabupaten Toraja Utara pasangan Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong dan Kabupaten Luwu Utara pasangan Indah Putri Indriani-Suaib Mansur, kata dia, akan diserahkan hari ini.

"Diserahkan itu surat rekomendasi penetapan dulu, untuk surat nomor B.1-KWK nanti serentak di berikan kepada seluruh bakal pasangan calon usungan Demokrat se Indonesia sebelum pendaftaran resmi di KPU daerah masing-masing," beber dia.

Sebelumnya, DPP Demokrat telah menyerahkan surat rekomendasi penetapan pada tiga daerah di Sulsel masing-masing kepada pasangan Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta di Kabupaten Luwu Timur), kemudian pasangan Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi di Kabupaten Barru, dan pasangan Abd Rahman Assegaf-Muammar Muhayang di Kabupaten Pangkep.

Sementara dua daerah lainnya, yakni Kabupaten Maros dan Soppeng, masih menunggu keputusan DPD Sulsel, sebab masih ada kendala di internal bagi bakal calon untuk mencari pendampingnya. Untuk Provinsi Sulsel yang melaksanakan Pilkada serentak terdapat 12 kabupaten dan kota.

Baca juga: KPU Sulsel laporkan kesiapan pilkada serentak 12 daerah

Baca juga: Bawaslu Makassar gandeng LSM bantu pengawasan partisipatif

Baca juga: KPU Makassar siapkan sosialisasi virtual di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: NEFTID: Pelanggaran hingga penularan virus berpotensi di Pilkada 2020

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020