Barabai, Kalsel (ANTARA News) Menghadapi perayaan Natal dan tahun baru, Polres Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengerahkan ratusan personil untuk pengamanan.

"Kekuatan sebesar itu akan dibagi di beberapa titik," kata Kapolres HST, AKBP Joko Purwanto SiK saat dikonfirmasi, Jumat .

"Kekuatan kita seluruhnya berjumlah 378 personil dan untuk keperluan pengamanan Natal menurunkan sekitar 150 personil atau dua per tiga dari kekuatan yang ada," ujarnya di Barabai, ibukota HST, sekitar 165 Km Utara Banjarmasin.

Pengamanan yang dilakukan, adalah penertiban terhadap pengendara dan pengawasan serta antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Ada beberapa titik yang akan kita jadikan lokasi sebagai Posko pengamanan dengan Mapolres HST sebagai Posko induk," katanya.

Titik-titik yang dijadikan lokasi terdiri dari dua, yaitu lokasi rawan kecelakaan dan obyek wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi saat libur Natal maupun baru.

Untuk lokasi rawan kecelakaan, di wilayah HST terdapat sedikitnya tujuh titik.

"Titik-titik itu antara lain di Pantai Hambawang, Sungai Rangas, Durian Gantang, pertigaan Jalan Murakata, Simpang Sepuluh, Perempatan Bulau dan Pertigaan Kapar," tambahnya.

Selain itu, petugas juga melakukan pengamanan terhadap empat titik dikawasan obyek wisata. Yaitu di obyek wisata Lok Laga, Pagat Batu Benawa, Manggasang dan pemandian air panas Hantakan.

Pada pelaksanaannya, Polres HST bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan elemen masyarakat.

Instansi pemerintah yang ikut terlibat antara lain Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Perhubkominfo), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satpol PP.

Selain itu, juga melibatkan elemen masyarakat seperti Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), Satkorlak Taruna Siaga Bencana (Tagana) HST dan Pramuka.

Namun diakui, hingga kini belum dipeloreh kepastian waktu pelaksanaan karena masih menunggu intruksi. Diperkirakan, kegiatan akan mulai dilaksanakan satu minggu sebelum Natal hingga satu minggu sesudah tahun baru.

Polres HST juga melakukan koordinasi dengan pihak TNI AD dalam hal ini Yonif 621 Manuntung dalam pengamanan nantinya.

Diperkirakan, musim libur Natal dan tahun baru tidak akan seramai saat musim llibur lebaran.

Dimana saat lebaran terjadi arus mudik dan arus mudik. Sedang saat libur Natal dan tahun baru, diperkirakan arus mudik tidak akan sepadat arus mudik dan arus balik lebaran.

Meski begitu, pihak Polres tetap melakukan siaga penuh guna mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan. Apalagi saat ini di HST menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009