kedatangan penumpang di stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami peningkatan sekitar 45,7 persen jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu.
Jakarta (ANTARA) - Sekitar 3.200 penumpang kereta api jarak jauh tiba di stasiun kereta api Daerah Operasi 1 Jakarta, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada akhir pekan Sabtu (1/8) dan Minggu (2/8) yang bertepatan dengan arus balik Hari Raya Idul Adha.

“Untuk hari Sabtu dan Minggu pekan ini terdapat sekitar 3.200 penumpang KA jarak jauh yang turun di area Daop 1 Jakarta yakni di Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Jumlah penumpang KA jarak jauh melonjak jelang Idul Adha

Eva menyebutkan kedatangan penumpang di stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami peningkatan sekitar 45,7 persen jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu.

“Sebagai upaya pencegahan COVID-19, para pengguna tetap diwajibkan menggunakan Faceshield saat tiba di stasiun tujuan dan pengukuran suhu secara berkala juga dilakukan petugas sepanjang perjalanan KA hingga pengguna tiba di stasiun akhir,” katanya.

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu-waktu di perjalanan terdapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih.

Baca juga: KAI sediakan fasilitas tes cepat untuk penumpang

Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020