Yang dimaksud bukan bebas dari COVID-19, melainkan tidak ada kasus positif aktif
Bandung (ANTARA) - Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung, Jawa Barat menyatakan bahwa berdasarkan data yang ada sebanyak tujuh kecamatan di Kota Bandung dinyatakan bebas dari adanya kasus positif COVID-19 aktif .

"Betul, yang dimaksud bukan bebas dari COVID-19, melainkan tidak ada kasus positif aktif," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di Bandung, Rabu.

Ia menjelaskan tujuh kecamatan itu yakni Kecamatan Ujung Berung, Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Bandung Wetan, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cidadap.

Sementara itu, di Kecamatan Ujung Berung totalnya ada sembilan kasus positif, namun kesembilan orang itu sudah dinyatakan sembuh. Kemudian di Kecamatan Bandung Kidul, dari total enam kasus, lima di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia akibat COVID-19.

Lalu di Kecamatan Bojongloa Kidul tidak ada kasus positif aktif karena enam orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang dinyatakan meninggal dunia. Kecamatan Bandung Wetan, semua orang yang pernah positif COVID-19 sebanyak enam orang sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian sama dengan Kecamatan Bandung Wetan, di Kecamatan Sukajadi pun seluruh orang yang dinyatakan positif sebanyak 11 orang, sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Untuk di Kecamatan Sukasari pun demikian, empat orang yang dinyatakan positif COVID-19, sudah dinyatakan sembuh. Dan di Kecamatan Cidadap juga seluruh orang yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak delapan orang, sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kecamatan Rancasari yang dinyatakan bebas kasus positif aktif pertama di Kota Bandung sejak masa pandemi, kini ada penambahan tiga kasus positif. Sedangkan pada 3 Juli 2020, sempat tidak ada kasus aktif di kecamatan itu.

"Data dinamis sesuai pelacakan, itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga," kata Ahyani.

Di Kota Bandung hingga kini jumlah kasus positif aktif terus menurun. Tercatat per tanggal 14 Juli 2020, ada sebanyak 50 kasus positif aktif, menurun sembilan kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan jumlah total kasus positif, yakni sebanyak 428 kasus. Sebanyak 337 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 41 orang dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19.

Meskipun terus menurun, ia  mengingatkan masyarakat agar tetap berwaspada di fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini karena terdapat mobilitas masyarakat dari berbagai wilayah yang diduga masih ada transmisi penyebaran COVID-19.

"Level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi, karena ada mobilitas masyarakat dari berbagai level," demikian Ahyani.

Baca juga: Wali Kota Bandung sesalkan ada 1.500 telepon iseng ke layanan COVID-19

Baca juga: Ada pegawai positif Corona, pabrik pakaian di Bandung diminta tutup

Baca juga: Satpol PP Kota Bandung tutup kembali PVJ setelah sempat buka

Baca juga: Sembuh dari corona, Wakil Wali Kota Bandung lantik 24 pejabat

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020