....kementerian dan lembaga terkait untuk segera melaksanakan instruksi Presiden Jokowi itu
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong kementerian/lembaga segera menjalankan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ditetapkannya target tes Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19 sebanyak 30.000 tes per hari.

Dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, Bamsoet mendorong kementerian dan lembaga terkait untuk segera melaksanakan instruksi Presiden Jokowi itu, dengan meningkatkan sarana dan prasarana di laboratorium pemeriksaan.

"Selain itu, juga memberikan pelatihan sumber daya manusia (SDM) petugas yang bekerja di laboratorium, agar target pemeriksaan tes PCR yang telah ditetapkan dapat berjalan optimal dan sesuai target," ujar Bamsoet.
Baca juga: Pakar epidemiologi sarankan jangkauan tes usap COVID-19 ditingkatkan


Dia mendorong pemerintah dapat menambah jumlah laboratorium di setiap daerah, dengan mengikutsertakan laboratorium milik swasta, sehingga pemeriksaan tes PCR dapat ditingkatkan dan menjangkau lebih banyak masyarakat.

Dia mengatakan upaya Pemerintah mencapai target tes PCR itu tetap harus selalu mengikuti prosedur dari World Health Organization (WHO).

"Pemerintah dapat memberikan prioritas dan mengoptimalkan pelaksanaan tes PCR di provinsi-provinsi yang masih memiliki angka penularan tinggi, seperti di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Papua," ujar Bamsoet.
Baca juga: Kapasitas pemeriksaan tes usap mobil PCR BNPB di Surabaya ditambah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020