Jakarta (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan jumlah kasus positif dan meninggal dunia akibat COVID-19 membuktikan bahwa pandemi tersebut bukan rekayasa atau konspirasi.

"COVID-19 ibarat malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan, yaitu lanjut usia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR yang diikuti melalui siaran langsung TVR Parlemen di Jakarta, Senin.

Doni mengatakan COVID-19 telah memapar 12 juta lebih penduduk dunia dan 550 ribu lebih meninggal dunia. Paparan dan kasus meninggal dunia secara global terkonsentrasi di Amerika Serikat, Brazil, dan India.

Menurut dia,kelompok yang rentan terhadap paparan virus corona jenis baru itu yang dapat menyebabkan risiko kematian adalah lanjut usia dan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, diabetes, jantung, ginjal, kanker, tuberkulosis, asma, dan lain-lain.

Baca juga: Doni Monardo: Masih ada yang anggap COVID-19 konspirasi

"Pandemi ini membuat seluruh dunia mengalami perlambatan ekonomi. Ini menyebabkan munculnya ancaman resesi global," tuturnya.

Menurut Doni, pemerintah Indonesia dalam kebijakan penanganan COVID-19 mengedepankan keseimbangan antara kesehatan dengan tetap memperhatikan pertumbuhan di sektor ekonomi.

Baca juga: Muhammadiyah sepakat COVID-19 bukan konspirasi

"Harus berimbang untuk menjaga rakyat agar tidak terpapar COVID-19 dan tidak terpapar pemutusan hubungan kerja. Saat ini, sudah ada sembilan juta penduduk kita yang terkena pemutusan hubungan kerja," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah: Jangan larut teori konspirasi COVID-19

Doni mengatakan bila penanganan berimbang antara sektor kesehatan dan ekonomi tidak maksimal, korban pemutusan hubungan kerja akan semakin banyak. Imbasnya, mereka akan kehilangan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Mereka akan kehilangan kemampuan membeli makanan bergizi yang menyebabkan imunitasnya menjadi rendah dan rentan terpapar COVID-19," ucapnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020