seribu itu targetnya
Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau melakukan tes cepat di sekitar Pasar Tos 3.000, Kamis.

"Kami menargetkan tes diikuti sekitar 1.000 orang warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi.

Sejumlah pedagang dan konsumen pasar teramai di Batam itu pernah dinyatakan positif COVID-19 dan sebagian di antaranya sudah sembuh.

Didi menyatakan, pihaknya melibatkan empat pusmesmas untuk melaksanakan tes cepat terhadap pedagang dan konsumen di sana, yaitu Puskesmas Lubuk Baja, Puskesmas Tanjungbuntung, Puskesmas Sei Panas dan Puskesmas Sengkuang.

Gugus Tugas membagi dua lokasi pengetesan, yaitu di sekitar Gedung Samarinda dan dekat pos pengamanan.

Baca juga: Dua pencari kerja di Batam positif COVID-19
Baca juga: Total 202 warga Batam sembuh COVID-19


Sementara itu, sejumlah warga nampak antusias mengikuti tes cepat di Pasar Tos 3000. Pedagang berdatangan dengan sukarela untuk mengikuti tes.

Kepala Puskesmas Lubuk Baja, Agnes Sintalia Saing menyatakan, hingga Kamis siang, pemeriksaan tes cepat COVID-19 di Pasar Tos 3000 belum mencapai target 1.000 orang.

"Sudah ratusan. Seribu itu targetnya," kata dia yang nampak sibuk mensosialisasikan protokol kesehatan di sekitar pasar.

Ia mengaku kesulitan untuk mengedukasi warga untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19 di tengah pasar, seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Meski begitu, ia mengaku tim medis tetap semangat mendampingi warga.

"Kami sudah di sini sejak 7.30 WIB, meskipun hujan deras tadi, tapi tetap semangat," kata dia.

Baca juga: TKA asal Tiongkok sembuh COVID-19 di Batam
Baca juga: Seorang nenek 80 tahun warga Kota Batam positif COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020