Di saat WFH seperti ini, tentu kita harus berusaha sekeras mungkin untuk mengerjakan segala sesuatunya dari rumah
Jakarta (ANTARA) - Komposer Andi Rianto tetap aktif berkarya meski di tengah pandemi virus corona (COVID-19) yang mengharuskan orang-orang membatasi bepergian ke luar rumah atau bahkan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

"Di saat WFH seperti ini, tentu kita harus berusaha sekeras mungkin untuk mengerjakan segala sesuatunya dari rumah. Untungnya di era digital sekarang, hal ini sangat memungkinkan," kata Andi dalam keterangan pers di Jakarta pada Sabtu.

Baca juga: Andi Rianto berusaha libatkan penyanyi baru setiap konser

Baca juga: Andi Rianto tidak tidur demi konser orkestra #KejarMimpi


Pria kelahiran Sorong, Papua tersebut menelurkan empat lagu tunggal, single, berbagai genre, mulai pop, rock, hingga folk selama WFH hasil kolaborasi dia dengan Legenda Musik Indonesia.

"Dan saya sangat menghargai Legenda Musik Indonesia yang sangat memperhatikan proses-proses pembuatan single ini, dari rumah saja," kata Andi.

Kerja sama antara Legenda Musik Indonesia dengan Andi melibatkan para penyanyi lintas genre, yakni Dirly, Lobow, Roy Jeconiah, Alwin, Ope, Ilona, dan Bimmo.

Single "Yang Terakhir" karya Glenn O Rotty dipilih menjadi gerbong depan proyek tersebut dan dilantunkan secara apik oleh duet Ilona dan Bimo.

"Setiap mengaransemen sebuah lagu, saya berangkat dari lagu itu sendiri dan karakter suara penyanyinya. Dikarenakan 'Yang Terakhir' ini adalah sebuah lagu duet, maka keselarasan harmoni harus lebih diperhatikan. Oleh karena melodi lagu ini sangat kuat dan indah, pekerjaan saya sangat dimudahkan," kata Andi.

"Yang Terakhir" telah dirilis pada 25 Juni 2020 dan telah hadir di berbagai digital store, berbarengan dengan peluncuran klip video lirik.

Sementara klip video, yang disutradarai Dede M Nur, dirilis hari ini.

Baca juga: Single "Jendela Waktu," hiburan dari Andien di tengah pandemik

Baca juga: Jay Subyakto pastikan konser MOXV di Velodrome tetap artistik

Baca juga: Andi Rianto gelar konser 15 tahun Magenta Orchestra

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020