Saya akan mengurai apa pokok persoalannya
Surabaya (ANTARA) - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan kesiapannya mengurai permasalahan yang menyebabkan tingginya kasus positif COVID-19 di Jawa Timur.

"Saya akan mengurai apa pokok persoalannya. Kalau karena protokol kesehatan, ya protokol kesehatannya harus terus didisiplinkan supaya bisa mengurangi angka tertular," ujar Terawan di sela kunjungannya di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rabu.

Baca juga: 19 ASN Pemprov Jatim terkonfirmasi positif COVID-19

Ia mengatakan kunci upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 adalah pencegahan dan bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, baik di lingkungan tempat tinggal, di lingkungan kerja dan sebagainya.

Terawan juga mendorong penerapan protokol kesehatan bisa menjadi budaya di tengah masyarakat.

Baca juga: Presiden dijadwalkan ke Jatim pantau penanganan COVID-19

"Protokol kesehatan itu harus sudah menjadi budaya dan melekat di hati sanubari penduduk,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya terus menjalin komunikasi intensif dengan daerah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Dua menteri puji penanggulangan COVID-19 Pemprov Jabar

Menurutnya, komunikasi intensif menjadi kunci utama agar langkah-langkah yang dilakukan di daerah, sejalan dengan apa yang diupayakan pemerintah pusat.

"Kita bersama-sama bekerja keras dan terus berkomunikasi antara daerah dengan pusat. Sehingga kami tahu kesulitannnya dan tidak salah penerapannya. Itulah yang paling penting supaya sinkronisasi semua hal yang kita rencanakan cocok dengan kebutuhan dan keperluan daerah," kata dia.

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri pimpin rapat penanganan COVID-19 di Jatim

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020